Emak-emak di Asahan Lawan Begal Motornya, Dibantu Warga Tangkap Pelaku

Perdana Ramadhan - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 00:20 WIB
Ilustrasi begal motor
Ilustrasi begal (Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono)
Asahan -

Heni, (41) seorang emak-emak di Asahan, Sumatera Utara (Sumut) nyaris menjadi korban pembegalan sepeda motor. Heni sempat melawan saat pelaku hendak membegal motornya.

Keberanian Heni, yang jatuh-bangun melawan pelaku begal terekam CCTV rumah warga. Kejadian terjadi pada Jumat (21/1) pagi sekitar pukul 05.30 WIB di Desa Sipaku Area, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan.

"Saat itu korban dalam perjalanan pulang ke rumahnya setelah belanja di pasar pagi dengan mengendarai sepeda motor," kata Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira dikonfirmasi wartawan, Jumat (21/1).

Tiba-tiba, korban dipepet oleh sebuah sepeda motor tak dikenal dengan dua orang berboncengan. Korban kemudian terjatuh di pinggir jalan.

"Setelah korban terjatuh, salah satu di antara mereka turun dan berpura-pura menolong korban dengan menghidupkan sepeda motornya," katanya.

Melihat pelaku yang hendak mengambil motornya itu, Heni pun melakukan perlawanan. Heni kemudian dibantu warga untuk menangkap pelaku.

"Namun si ibu ini curiga dan sadar sepeda motornya akan dibawa kabur pelaku. Akhirnya di situ dia melawan dan mengejar hingga mengundang perhatian warga," jelas Putu.

Satu pelaku berhasil ditangkap warga berinisial AH yang masih berusia 17 tahun. Sedangkan seorang temannya melarikan diri.

Sementara itu Heni, emak-emak yang menjadi korban upaya pembegalan mengalami sejumlah luka di tangan dan kakinya. Warga yang geram kepada pelaku kemudian mengikatnya dan dimasukkan ke dalam selokan menunggu Polisi datang untuk mengamankan.

Dalam aksi ini, pelaku diduga sengaja menyasar korbannya emak-emak agar mudah dilumpuhkan dan diambil sepeda motornya. Kini Polisi telah menahan pelaku, sementara seorang lainnya masih dilakukan pengejaran.

(lir/lir)