Sekjen Kemnaker Sebut Kompetensi SDM Tak Terlepas dari Peran Pelatihan

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 21:16 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi mengemukakan SDM yang punya kapasitas dan kompetensi tak terlepas dari segitiga emas. Segitiga emas yaitu, peran pelatihan, produktivitas, dan peningkatan kompetensi yang harus dilakukan secara serius.

Ia juga menyebut pelatihan sebagai titik simpul dari segitiga emas harus mampu menghadirkan berbagai pelatihan dalam meningkatkan kompetensi.

"Kompetensi sering kita katakan sebagai satu kesatuan antara pengetahuan, keterampilan dan perilaku bagi terciptanya SDM yang unggul," ucap Anwar dalam keterangan tertulis, Jumat (21/1/2022).

Dalam sambutan secara virtual pada Rakernas Asosiasi Profesi Produktivitas Indonesia (APPRODI) dan Webinar Produktivitas, Anwar mengatakan produktivitas tidak terlepas dari SDM yang mempunyai peran utama bagi terciptanya produktivitas.

"Memang produktivitas dipengaruhi oleh semua aspek terutama aspek 3M yaitu Man, Material, and Method yang didefinisikan dengan materi-materi agar produktivitasnya dapat ditingkatkan," katanya.

Terkait dengan produktivitas, lanjut Anwar, bukan hanya tergantung pada satu sektor, saat ini perusahaan sangat membutuhkan peran kebijakan publik yang tepat.

"Peran publik sangat dibutuhkan dalam memberikan dukungan agar produktivitas bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

(ega/ega)