Menanti Pemecatan Bripda Randy di Kasus Bunuh Diri Novia

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 21:09 WIB
Penampakan Bripda Randy di tahanan
Bripda Randy (Foto: Dok. Polda Jatim)
Surabaya -

Tak kunjungnya pemecatan Bripda Randy Bagus Sasongko dari Polri menuai sorotan. Pihak kepolisian beralasan masih dalam proses.

Sebelum dipaksa menanggalkan statusnya sebagai anggota korps Bhayangkara, Bripda Randy harus menjalani sidang kode etik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko masih melakukan proses pemberkasan untuk mempersiapkan sidang kode etik tersebut.

"Belum (dilakukan sidang kode etik). Propam sedang proses pemberkasan," kata Gatot saat dikonfirmasi detikJatim di Surabaya, Jumat (21/1/2022).

Gatot memastikan proses ke Komisi Kode Etik Polri (KKEP) berjalan bersamaan dengan pidananya terkait kematian Novia Widyasari. Jadi, hanya menunggu waktu.

"Proses KKEP-nya tetap berjalan bersamaan dengan proses pidananya. Tinggal pemberkasan untuk proses sidang kode etik," tambahnya.

Sebelumnya, Tim Advokasi Keadilan untuk Novia Widyasari, ibu Novia, dan sejumlah teman Novia melakukan audiensi dengan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) terkait kasus Bripda Randy Bagus.

Ketua Tim Advokasi Yenny Eta Widyawati meminta Kompolnas mendesak Polda Jawa Timur (Jatim) terbuka dalam proses penyidikan. Dia turut meminta kejelasan apakah Bripda Randy sudah diberhentikan sebagai anggota Polri aktif atau belum.

"Tim Advokasi juga meminta agar Polri atau Polda Jatim memberikan pernyataan yang benar terkait pemberhentian tidak dengan hormat Bripda Randy Bagus Hari Sasongko. Hal ini penting karena ada sejumlah pernyataan pejabat Polri yang menyatakan bahwa Randy telah diberhentikan dari dinas Polri. Namun faktanya proses pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri masih berjalan. Hal ini berarti bahwa Randy masih berstatus sebagai anggota Polri aktif dan belum diberhentikan," jelasnya secara tertulis.

Kasus ini mencuat usai Novia Widyasari ditemukan meninggal dunia dengan bunuh diri menenggak racun di makam ayahnya. Novia bunuh diri karena depresi usai diminta Randy menggugurkan kandungannya.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini www.detik.com/jatim

Simak juga video 'Jawaban Polri soal Keraguan Publik atas Penahanan Bripda Randy':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)