Urai Macet, Contraflow Diberlakukan di Tol Jagorawi Km 5-13 Arah Puncak

Zunita Putri - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 20:11 WIB
Rekayasa lalu lintas arus balik dengan menerapkan sistem lawan arus (contraflow) masih diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta.
Foto ilustrasi contraflow. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polisi menerapkan sistem contraflow di Tol Jagorawi untuk mengurai kepadatan kendaraan yang mengarah ke Puncak, Bogor, di akhir pekan. Contraflow diterapkan di Tol Jagorawi, tepatnya di ruas Km 5 sampai Km 13.

"Diterapkan contraflow di Tol Jagorawi, dari Km 5 sampai 13 yang mengarah ke Puncak," ujar operator Jasa Marga, Ema, saat dikonfirmasi, Jumat (21/1/2022).

Ema mengatakan ada kepadatan di Tol Jagorawi. Kepadatan disebabkan volume kendaraan.

"Kepadatan ada, karena volume kendaraan, padat dari Km 8 sampai dengan Km 9," ujar Ema.

"Lalu padat kembali dari Km 11 sampai Km 12, selebihnya lancar," jelasnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali Lantas Polres Bogor, Ipda Ardian Novianto mengatakan saat ini di Puncak tidak ada contraflow. Ardian mengatakan contraflow akan diberlakukan Sabtu (22/1) setelah pintu keluar Tol Ciawi.

"Kita menggunakan contraflow itu di hari Sabtu, dimulai jam 06.00-16.00 WIB sore hari. Contraflow dimulai setelah exit gerbang Ciawi sampai dengan KM 46," kata Ardian.

Sistem satu arah atau one way juga akan dilakukan besok mulai dari simpang Gadog sampai dengan Puncak Pass. Sistem satu arah ini akan diberlakukan mulai pukul 12.30 WIB.

"Jadi kalau Sabtu nanti kita tutup ke atas itu di jam 12.30 WIB, kita menyesuaikan waktunya, kedatangan sebelum pukul 12.30 WIB. Kemungkinan kita buka kurang lebih sekitar pukul 16.00 WIB. Jadi kedatangan mereka juga di atas jam 15.00 WIB, sehingga sesuai lah. Jadi kita rekayasa pukul yang ada kepadatan itu juga lebih cepat," jelasnya.

Lihat juga video 'Bukan Jakarta, Ini Kota Paling Macet di Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/knv)