Manuver Truk Disorot: Sudah di Kiri, Geser Kanan dan Bikin Tabrakan Maut

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 18:51 WIB
Kecelakaan maut Balikpapan.
Kecelakaan maut Balikpapan. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Tabrakan maut sopir truk tronton Balikpapan menyisakan tragedi. Aksinya tidak membanting setir ke kiri saat sudah berada di lajur kiri dan malah bergerak ke kanan menjadi awal mula terjadinya tabrakan maut yang menewaskan empat orang.

Dalam rekaman CCTV yang dilihat detikcom, Jumat (21/1/2022), sejumlah kendaraan berhenti di lajur kanan saat lampu lalu lintas merah. Sementara itu, kendaraan yang berada di lajur kiri bisa jalan terus.

Truk maut itu kemudian terlihat di rekaman dengan posisi kendaraan ada di bagian kiri jalan. Truk itu terlihat sudah tidak stabil. Pada akhirnya truk maut itu menerobos kendaraan yang berada di lajur kanan jalan.

Anggota Komisi III DPR Habiburokhman menyebut sopir truk tronton Balikpapan itu seharusnya membanting stir ke kiri. Sopir tersebut sebelumnya disebut polisi sudah menurunkan gigi persneling dari empat ke tiga, tapi upaya itu disebut tidak cukup karena rem truk blong.

"Harusnya dia banting setir ke kiri. Itu termasuk yang perlu didalami dalam penyidikan," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (21/1).

Habiburokhman mengaku ngeri ketika melihat video kecelakaan maut Balikpapan. Si sopir truk tronton Balikpapan, katanya, seperti nihil skill mengemudi.

"Si sopir lalai sekali dan seperti tidak punya keahlian mengemudi. Kenapa orang seperti itu kok bisa jadi pengemudi truk tronton. Bagaimana dahulu proses dia direkrut, ada tes khusus atau tidak," katanya.

Sementara itu, pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Sumana menilai, saat sopir dihadapkan dalam kondisi darurat, seharusnya ia memilih opsi yang bisa meminimalkan risiko. Apalagi keputusan itu diburu dengan waktu dalam hitungan detik.

"Lurus ketemu kendaraan kecil yang tidak fatal buat dia, tapi fatal untuk orang lain," kata Sony.

"Banting setir ke kiri, ketemu pohon, fatal buat dia tapi kecil risiko buat orang lain. Banting setir kanan ketemu kendaraan lain yang berlawanan arah, fatal buat dia," imbuh Sony.

(gbr/fjp)