Anoa 'Bobby', Satwa Senior Kebun Binatang Surabaya yang Telah Tiada

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 18:24 WIB
Bobby, anoa koleksi KBS
Anoa Bobby penghuni KBS yang mati (Foto: Dok. Kebun Binatang Surabaya)
Surabaya -

Seekor anoa bernama Bobby menambah daftar satwa di Kebun Binatang Surabaya yang mati. Belasan tahun keberadaan 'Bobby' kini tinggal kenangan.

Bobby merupakan salah satu koleksi 'senior' yang menghuni KBS, tepatnya sejak 2006. Bobby mati di usia tergolong tua, yakni 19 tahun, pada Minggu (16/1).

Pejabat Humas KBS Agus Supangkat mengungkapkan penyebab pasti kematian Bobby masih menjadi misteri. Tapi, belakangan Bobby sudah menunjukkan gelagat tidak baik-baik saja.

"Belakangan tidak nafsu makan dan sulit berdiri. Dengan pendampingan BBKSDA, tim medis memberikan tindakan medis berupa pemberian infus intra vena, vitamin, mineral, obat anti-kembung, antibiotika, dan pemberian pakan alami. Kemudian dilakukan pengawasan selama 24 jam penuh oleh tim medis dan perawat satwa," jelas Agus, Kamis (20/1/2022).

Usai penanganan medis, sempat muncul harapan Bobby untuk kembali beraktivitas seperti biasa. Tapi, tak lama dari penanganan medis, Bobby diketahui mati sekitar pukul 17.30 WIB. Autopsi kemudian dilakukan tim medis dan BBKSDA..

"Diagnosa sementara disebabkan faktor usia yang sudah tua, sehingga fungsi organ tubuh satwa mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penelitian dan literatur yang ada menyebutkan rata-rata usia hidup anoa berkisar 22-24 tahun," jelasnya.

Sebelum tersiar kematian Bobby, ada dua satwa lain, yakni gajah dan orang utan, yang lebih dulu mati. Kini koleksi anoa di KBS tersisa lima ekor.

Artikel ini telah tayang di detikJatim. Untuk informasi dan berita seputar Surabaya, Malang, dan daerah-daerah di Jatim, klik di sini www.detik.com/jatim

(mud/mud)