Lagi, 6 Imigran Rohingya Coba Kabur dari Kamp Penampungan di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 16:50 WIB
6 imigran rohingya mencoba kabur dari penampungan di Aceh
Enam imigran di Rohingya mencoba kabur dari pengungsian. (Foto: Istimewa)

Selidiki TPPO

Dua pria asal Sumatera Utara ditangkap pasca-kaburnya delapan imigran Rohingya dari kamp penampungan di Lhokseumawe, Aceh. Polisi menyelidiki keterlibatan sindikat perdagangan orang dalam kasus itu.

Dua orang ditangkap warga, yakni AF (47) dan RAH (22). Mereka diciduk di Desa Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

"Mereka diduga kuat akan melakukan penjemputan terhadap imigran Rohingya yang berada di penampungan shelter BLK Desa Menasah Mee Kandang, Kota Lhokseumawe," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy kepada wartawan.

Dalam pemeriksaan, kata Winardy, keduanya mengaku tidak tahu identitas orang yang hendak dijemput. Keduanya juga tidak mengetahui keberadaan orang yang menyuruh bernama Udin.

"Namun demikian, kita akan mendalami dugaan adanya keterlibatan sindikat TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) terkait kaburnya delapan imigran Rohingya. Karena, modus ini sudah sering digunakan para pelaku," ujar Winardy.

"Kita akan mencari alat bukti, sejauh mana keterlibatan AF dan RAH. Bila terbukti, maka akan dijerat dengan UU TPPO," lanjut Winardy.


(agse/mud)