Lagi, 6 Imigran Rohingya Coba Kabur dari Kamp Penampungan di Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 16:50 WIB
6 imigran rohingya mencoba kabur dari penampungan di Aceh
Enam imigran di Rohingya mencoba kabur dari pengungsian. (Foto: Istimewa)
Lhokseumawe -

Kasus imigran Rohingya kabur dari kamp penampungan di Lhokseumawe, Aceh, kembali terjadi. Enam orang ditangkap ketika hendak meninggalkan lokasi penampungan.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan keberadaan enam imigran Rohingya itu diketahui saat tim gabungan TNI-Polri berpatroli di sekitar kamp penampungan. Petugas awalnya melihat pagar seng di belakang gedung BLK Lhokseumawe telah terbuka.

"Karena merasa curiga ada yang melarikan diri, mereka berpencar melakukan pencarian dan menemukan enam orang imigran Rohingya yang sedang bersembunyi di semak-semak di belakang gedung BLK," kata Winardy kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Keenam imigran Rohingya perempuan itu mencoba melarikan diri, Rabu (19/1) kemarin. Sehari sebelumnya, delapan perempuan berhasil kabur dari kamp penampungan.

Winardy menjelaskan enam imigran yang mencoba kabur adalah Nurkaida binti Muhammad Yunus (23), Asma Bibi binti Nurul Salam (18), Azizah Begum binti Jamal Huson (17), Sumiater binti Hasyimullah (24), Rahima Khatun binti Nozimia (17), dan Menara Begum binti Abdurokim (23).

"Alhamdulillah mereka sudah ditangkap kembali dan dikembalikan ke penampungan," ujar Winardy.

Menurut Winardy, delapan imigran Rohingya yang kabur dari kamp pada Selasa (18/1) hingga kini belum ditemukan. Tim gabungan TNI-Polri serta pihak UNHCR dan IOM masih mencari keberadaan kedelapan imigran tersebut.

"Sekarang ini, pihak UNHCR dan IOM akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat terkait proses percepatan pemindahan dan memperketat penjagaan agar imigran Rohingnya tidak ada yang melarikan diri lagi," jelasWinardy.