Prabowo Bahas Pertahanan IKN Nusantara di Rapim Kemenhan 2022

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 15:49 WIB
Jakarta -

Pemerintah menggelar berbagai persiapan perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga menyiapkan strategi pertahanan untuk IKN.

Prabowo menuturkan pertahanan IKN dibahas dalam Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2022 yang digelar hari ini. Dia menegaskan pertahanan IKN merupakan bagian penting yang harus dibahas.

"Tentunya kita bahas. Ibu Kota Negara baru merupakan bagian penting yang kita rencanakan yang kita bahas," kata Prabowo kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Meski begitu, bukan hanya pertahanan IKN yang dibahas dalam rapim tersebut. Prabowo mengatakan Kemenhan juga membahas keseluruhan pertahanan Tanah Air.

"Kita bahas adalah pertahanan negara secara keseluruhan. Yang kita bahas adalah pertahanan negara secara keseluruhan," ucap Prabowo.

Seperti diketahui, Rancangan Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) resmi disahkan menjadi UU. Pengesahan RUU IKN menjadi UU dilakukan dalam rapat paripurna ke-13 DPR masa sidang 2021-2022.

Rapat paripurna pengesahan RUU IKN digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1/2022). Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani, didampingi 4 Wakil Ketua DPR, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Lodewijk Paulus, dan Muhaimin Iskandar.

(rak/tor)