3 Orang Sekeluarga di Kebon Jeruk Jakbar Positif Omicron

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 11:48 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Ilustrasi COVID-19 9 (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Enam orang terkonfirmasi varian Omicron di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tiga dari enam orang tersebut merupakan satu keluarga yang berlokasi di Kedoya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"(Empat orang di Kedoya Selatan) tiga orang itu sekeluarga, satu orang pisah (bukan bagian dari tiga orang)," ujar Kapuskes Kebon Jeruk dr Yefy Eskar kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Diketahui terdapat enam orang yang terkonfirmasi positif Omicron di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di antaranya, satu orang di Duri Kepa, satu orang di Sukabumi Utara, dan empat orang di Kedoya Selatan.

Kini, keenamnya telah dirujuk ke RSDC Wisma Atlet untuk mendapat perawatan. Yefy menyebut mereka terkonfirmasi positif COVID-19 sejak awal Januari, namun minggu lalu baru diketahui mereka terkonfirmasi positif varian Omicron.

"Jadi begini, kalau misalnya COVID kan misal Omicron itu di pusat gitu. Sudah ketahuan tuh (positif COVID) awal Januari kemarin, pas ketahuan PCR Omicronnya itu minggu lalu," jelasnya.

Dia mengatakan jika keenam pasien omicron merupakan orang dewasa dan tidak ada lansia. Selain itu, dia juga menyebut jika mereka tidak mengalami gejala berat.

"Di Wisma Atlet dirawatnya," kata Yefy.

Selain itu, dia menyebut hingga kini belum ada penambahan kasus positif varian Omicron di Kebon Jeruk. Namun tracing terhadap orang yang kontak erat terhadap enam orang tersebut akan terus dilakukan.

Diberitakan sebelumnya, merujuk pada laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diterima detikcom, Rabu (19/1), pasien Omicron DKI Jakarta menyebar ke beberapa wilayah. Ada lima daerah yang dikategorikan berwarna merah oleh Kemenkes berdasarkan data yang dihimpun Minggu (15/1).

Berikut daftarnya:
Kalideres
Kebon Jeruk
Kebayoran Baru
Kecamatan Cilandak
Senen

Daerah dengan kategori merah mencatat lebih dari delapan pasien Omicron. Sementara itu, wilayah kuning melaporkan satu hingga tujuh pasien Omicron. Ada beberapa wilayah yang masih berstatus hijau, seperti Menteng, Pulogadung, Pancoran, Kramat Jati, dan Ciracas.

Simak Video: 5 Zona Merah Omicron di DKI Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(ain/knv)