5 Mobil Arteria Bernopol Sama, MKD: Yang Penting Jangan Jalan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 09:33 WIB
Habiburokhman
Habiburokhman (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

MKD DPR buka suara terkait lima mobil anggota Fraksi PDIP Arteria Dahlan yang bernomor polisi (nopol) sama dan berstiker arteriadahlanlawyers.co.id di parkiran DPR RI. MKD tidak mempermasalahkan jika mobil itu hanya parkir.

"Kalau mobil parkir tidak pakai pelat nomor pun nggak ada masalah, yang penting jangan dipakai saat jalan," kata Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Habiburokhman mengingatkan agar seluruh anggota Dewan menggunakan pelat DPR. Untuk diketahui, anggota DPR kini telah memiliki pelat khusus.

"Saat ini kita sudah punya pelat khusus anggota DPR, MKD mendorong anggota supaya pakai pelat itu saja," ujarnya.

Terkait pelat polisi, Habiburokhman mengatakan pihaknya tidak mengetahui dari mana Arteria mendapatkannya. Dia mengatakan mungkin Arteria mendapatkan pelat polisi itu sejak periode sebelumnya.

"Soal pelat nomor itu kan sudah disampaikan oleh Polri memang atas nama Pak Terry. Mungkin itu didapat saat periode lalu, sebelum 2019, saya juga nggak paham," ujarnya.

Untuk diketahui, lima mobil dengan pelat sama di parkiran gedung DPR itu menarik perhatian. Ternyata kelima mobil itu milik Arteri Dahlan.

Kelima mobil berpelat sama ini terparkir di area parkir mobil gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/1/2022). Mobil-mobil tersebut sama-sama berpelat logo Polri 4196-07.

Bukan itu saja, empat dari lima mobil itu juga memiliki stiker yang sama, yaitu tulisan arteriadahlanlawyers.co.id berwarna merah. Satu mobil lain tidak memiliki stiker tersebut, tapi pelat nomornya sama, yaitu 4196-07 berlogo Polri. Detailnya sebagai berikut:

1. Toyota Vellfire hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
2. Mitsubishi Grandis hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
3. Toyota Fortuner putih berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
4. Nissan Grand Livina merah berstiker arteriadahlanlawyers.co.id
5. Toyota Innova silver tanpa stiker

Arteria Sebut Bukan Pelat Asli

Politikus PDIP Arteria Dahlan buka suara terkait dengan lima mobilnya bernomor polisi (nopol) sama dan berstiker arteriadahlanlawyers.co.id di parkiran DPR RI. Arteria menyebut kelima mobil tersebut memiliki pelat nomor asli masing-masing.

"Itu pelat-pelat nomor mobil itu, kalau gue pakai tuh, gue pakai pelat DPR. Itu kan pelat dasar, bukan pelat asli," kata Arteria saat dimintai konfirmasi, Rabu (19/1/2022).

Arteria menyebut kelima mobil miliknya itu akan dipasangi pelat DPR bernomor RF miliknya jika hendak digunakan. Dia menyebut pelat Polri 4196-07 hanya merupakan pelat dasar.

"Itu ada satu nomor gue nomor polisi. Ada satu nomor mobil gue ada di situ. Satu mobil ada nomor polisinya. Nanti kalau mau gue pakai, itu semua tatakan dasar. Itu nanti bisa gue pakaikan pelat DPR yang RF, kalau mobil jalan kan gue pakai pelat RF atau apa," ucapnya.

Lebih lanjut Arteria menyebut setiap mobil miliknya yang terparkir di parkiran DPR juga memiliki pelat masing-masing. Dia mengaku bakal kesulitan jika setiap mobil dipasangi pelat permanen.

Lihat Video: Penampakan 5 Mobil Milik Arteria Bernopol Sama Terparkir di DPR

[Gambas:Video 20detik]



(eva/tor)