Duduk Perkara Atap Masjid Dibongkar di Bima Usai Disebut Mirip Gereja

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 07:41 WIB
Bima -

Atap masjid di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), dibongkar oleh sejumlah orang. Padahal masjid tersebut baru saja dibangun. Ada apa?

Video Viral

Dalam video yang viral, terlihat sekumpulan warga membongkar atap masjid. Narasi video viral mengungkap atap masjid dibongkar gara-gara model bangunannya dianggap mirip dengan bangunan gereja.

Peristiwa dalam video viral itu diketahui terjadi pada 13 Januari 2022. Pembongkaran dilakukan warga menggunakan kayu, besi, hingga sekop.

Klarifikasi Polisi

Kapolsek Bolo Iptu Hanafi buka suara terkait pembongkaran atap masjid. Hanafi membenarkan tokoh masyarakat dan warga sekitar sepakat membongkar atap tersebut karena dinilai menyerupai gereja.

Sebelum dibongkar, pihak kepolisian telah melakukan pendekatan kepada kontraktor yang membangun masjid tersebut. Polisi meminta agar bangunan itu dibongkar dan harus dibangun ulang dalam bentuk masjid pada umumnya atau yang semestinya.

"Itu sebenarnya bukan masyarakat yang bongkar, pembongkaran itu diawali oleh perusahaan PT Hutama Karya. Melihat itu, masyarakat membantu dan naik ikut membongkar juga," jelas Hanafi ketika dihubungi detikcom, Rabu (19/1/2022).

Selengkapnya di halaman selanjutnya