Agar Kompetensi ASN Meningkat, Kemnaker Gelar Corporate University

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 21:01 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Foto: dok. Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memimpin kick off Kemnaker Corporate University (Corpu). Program Kemnaker Corpu dibuat sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi SDM ASN Kemnaker.

Ida menerangkan Kemnaker Corpu dibentuk dengan berlandaskan Visi Presiden Republik Indonesia, dan Sembilan Lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan, di antaranya sebagai wujud implementasi visi 'Pembangunan Nasional dan SDM Unggul Indonesia Maju'.

"Kemnaker Corpu akan berkontribusi dalam mewujudkan SDM Aparatur Ketenagakerjaan yang lebih cerdas, lebih unggul, dan berdaya saing tinggi dalam rangka memberikan pelayanan yang bermutu," kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Ida menjabarkan sebagai implementasi Sembilan Lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan, Kemnaker Corpu telah mewujudkan reformasi birokrasi bidang manajemen SDM, khususnya dalam hal pengembangan kompetensi melalui sebuah sistem pembelajaran terintegrasi yang melibatkan setiap unsur dalam unit kerja sebagai organisasi pembelajar.

"Maka pesan saya, ketika kita sudah memiliki corporate university di kementerian kita, setiap pejabat pimpinan tinggi harus bertanggung jawab terhadap proses pembelajaran sebagai bagian pengembangan kompetensi SDM di unit kerjanya," tutur Ida.

Ida pun meminta pejabat pimpinan tinggi madya untuk bersinergi dan berkolaborasi secara aktif, agar pentingnya pengembangan kompetensi SDM semakin dapat dirasakan oleh seluruh pegawai Kemnaker dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Pada kesempatan tersebut, Ida memberikan apresiasi kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan bersama tim yang telah berupaya melakukan transformasi dengan berinovasi dalam pengembangan kompetensi SDM bidang ketenagakerjaan melalui pembentukan Kemnaker Corpu.

(prf/ega)