Heboh Pemilihan Duta GenRe Padang Syaratkan Suket Bebas LGBT

Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 19:38 WIB
Pemilihan Duta GenRe Padang wajibkan syarat bebas LGBT
Pemilihan Duta GenRe Padang wajibkan syarat bebas LGBT (Foto: Tangkapan layar Instagram)
Padang -

Pemilihan Duta GenRe Kota Padang, Sumatera Barat menjadi perbincangan di sosial media. Penyebabnya, ada keharusan calon peserta untuk menyertakan surat keterangan bebas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender).

Salah satu akun twitter bernama @BanyuSadewa memosting informasi soal pemilihan Duta GenRe Kota Padang tersebut. "Serius nanya : Surat Bebas LGBT itu gimana cara ngujinya yak? Surat Ijin Mengemudi kan jelas, kalo ini pegimana dah caranye?" tulis akun tersebut.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta. Selain mengisi formulir pendaftaran, calon peserta juga diwajibkan memasukkan sejumlah berkas persyaratan. Antara lain, foto full body Salam GenRe menggunakan casual look, surat keterangan aktif keanggotaan, surat izin orang tua dan surat perjanjian duta, surat bebas Narkoba dan memperlihatkan sertifikat vaksin minimal satu kali Mika terpilih sebagai salah satu finalis.

Yang menarik, dalam persyaratan tersebut juga tertera keharusan calon peserta untuk menyertakan surat bebas LGBT.

Dilihat detikcom, Rabu (19/1/2022) di akun Instagram resminya @genre_kotapadang, terlampir sejumlah formulir siap isi, termasuk Surat Keterangan Bebas LGBT. Surat Keterangan itu berisi pernyataan bahwa yang bersangkutan (calon peserta) menyatakan tidak pernah dan tidak akan pernah termasuk dalam kelompok/kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

"Apabila saya MELANGGAR perjanjian ini, maka saya bersedia diberhentikan secara TIDAK HORMAT sebagai Duta GenRe Kota Padang periode 2022/2023," bunyi surat pernyataan tersebut.

Dihubungi detikcom, salah seorang panitia, Jemie Devano Zunit mengakui surat pernyataan bebas LGBT merupakan salah satu syarat pendaftaran.

"Betul. Itu sudah ada panduan. Di tingkat provinsi juga aturannya begitu," kata Jemie.

Jemie mengaku sebagai Duta GenRe Kota Padang tahun 2019. Namun saat ia ikut serta, belum ada aturan serupa. "Pakai surat LGBT tabun 2020 mulainya," kata dia.

Genre adalah suatu program dari singkatan "Generasi Yang Punya Rencana" yang diluncurkan oleh pemerintah lewat Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Duta GenRe sendiri merupakan brand ambassador Program GenRe bagi remaja-remaja lainnya.

Melalui upaya berbagai pengalaman dan praktik terbaik diharapkan dapat memberikan inspirasi dan terbangun semangat untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja-remaja di daerah masing-masing.

(mud/mud)