Satu RW di Tegal Alur Jakbar Masih Banjir, 5.000 Warga Jadi Korban

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:58 WIB
Wilayah RW 02, Tegal Alur, Kalideres, Jakbar masih terendam banjir. Diperkirakan 5.000 warga terdampak banjir. (Karin NS/detikcom)
Wilayah RW 02, Tegal Alur, Kalideres, Jakbar, masih terendam banjir. Diperkirakan 5.000 warga terdampak banjir. (Karin NS/detikcom)
Jakarta -

Banjir masih melanda sejumlah wilayah di Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar). Salah satu RW yang terdampak adalah RW 02 yang seluruhnya mengalami banjir.

"Sekarang yang terendam itu RW 02 ada 11 RT dan hampir semuanya terendam dengan ketinggian debit air ada yang 60-120 cm... 120 cm itu ada di wilayah RT 01 yang lain mayoritas 80-60 cm," ujar Ketua RW 02, Krisdiantoro, saat ditemui di Pos RW 02, Jakbar, Rabu (19/1/2022).

Dia menyebut sampai saat ini debit air di wilayah tersebut masih tinggi. Menurut dia, kondisi ini terjadi akibat luapan Kali Semonggol.

"Iya kiriman dari Semonggol dan sifatnya air ini hanya berputar dan nunggu aliran sampai ke laut itu agak kering dari laut sana," kata Krisdiantoro.

Wilayah RW 02, Tegal Alur, Kalideres, Jakbar masih terendam banjir. Diperkirakan 5.000 warga terdampak banjir. (Karin NS/detikcom)Banjir belum surut sejak kemarin. (Karin NS/detikcom)

Dia menyebut air mulai naik sekitar pukul 02.30 WIB dini hari dan saat itu dia mulai membangunkan satu per satu warganya dan menawarkan untuk mengungsi. Namun, dari sekitar 5.000 jiwa warganya, hanya sekitar 72 yang memilih tidur di posko pengungsian.

"Karena tempat pengungsian menurut mereka jauh sebab ada yang di wilayah RT 02, RT 05, sedangkan titik pengungsian itu di RPTRA itu lokasi di RT 8," jelasnya.

"Kurang-lebih kalau terdampak secara langsung sih 1 RW ya ada 11 RT, kira-kira ada 5.000 jiwa warga," sambungnya.

Dapur Umum Swadaya Warga-Komunitas

Selain itu, dia menyebut jika di RW 02 sendiri belum mendapat bantuan pemerintah. Bantuan yang tersedia berupa dapur umum merupakan bentuk dari swadaya masyarakat dan komunitas sekitar.

Wilayah RW 02, Tegal Alur, Kalideres, Jakbar masih terendam banjir. Diperkirakan 5.000 warga terdampak banjir. (Karin NS/detikcom)Posko Banjir di RW 02 Tegal Alur (Karin NS/detikcom)

"Harapannya ada tindakan yang cepat responsnya yang cepat bukan dari pemerintah setempat saja. Tapi pihak-pihak terkait dinsos seperti pihak-pihak terkait untuk penanganan banjir harusnya respons lebih cepat. Padahal kami mendata yang terdampak itu cepat, itu turun langsung jemput bola kita data semua," jelas Krisdiantoro.

Dia mengatakan jika kini bantuan dari Pemkot Jakbar baru tiba di RW 03 berupa bahan makanan. Namun hingga saat ini belum ada perintah dari pejabat terkait untuk pendistribusian bantuan di RW 02.

"Ya tinggal menunggu katanya sekarang dan katanya sekarang bahan makanan gitu katanya sudah turun di RW 03 rusunawa situ. Dan sifatnya saya menunggu perintah, saya belum ke sana saya nunggu perintah dari lurah suruh ambil merapat baru saya," ungkapnya.

Lihat juga video 'Penampakan Banjir di Cengkareng yang Belum Juga Surut':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/jbr)