Wagub DKI: Warga Harus Standby, Januari-Februari Genangan Berpotensi Naik

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 16:21 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan adanya potensi peningkatan genangan pada Januari hingga Februari mendatang. Dia mengimbau warga Jakarta untuk bersiap.

"Yang penting sekarang kami ingin warga Jakarta waspada, hati-hati, standby di Januari Februari ini memang ada potensi peningkatan genangan untuk itu harus siap sedia sesuai dengan aturan ketentuan," kata Riza kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Riza menuturkan Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan peringatan dini. Selain itu, sudah ada konsultasi yang dilakukan dengan masyarakat.

"Kami juga sudah konsultasikan disiapkan early warning, buku panduan dan sebagainya," ujarnya.

Seperti diketahui, titik banjir di kawasan Jakarta bertambah per pukul 09.00 WIB tadi pagi. Tercatat kawasan yang tergenang banjir ada 64 RT di kawasan Jakarta Barat.

"Informasi genangan saat ini ada 64 RT atau 0,210% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta, Muhammad Insyaf, dalam keterangannya.

Insyaf menuturkan banjir itu terjadi di Kelurahan Tegal Alur. Ketinggian banjir mencapai 40 sampai 100 cm.

"Ketinggian 40-100 cm, dengan jumlah 31 RT. Penyebab curah hujan tinggi, ROB dan luapan Kali Semongol," ujar Insyaf.

Akibat banjir itu sebanyak 243 KK atau 743 warga mengungsi. Lokasi pengungsian tersebar di 11 titik.

Selain di Tegal Alur, Kelurahan Kamal juga masih banjir. Ketinggiannya 40 sampai 50 cm dengan jumlah 12 RT. Adapun banjir di Kelurahan Cengkareng Barat di 13 RT dengan ketinggian air 50 cm. Penyebabnya karena curah hujan tinggi. Di lokasi itu sebanyak 72 jiwa mengungsi.

"Kelurahan Kapuk 50 cm dengan jumlah 8 RT. Penyebab curah hujan tinggi.

(dek/idn)