Pelapor Akui Belum Tahu Sosok di Video Rekayasa 'Mirip Nagita Slavina'

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 15:25 WIB
Pitra Romadoni, pelapor video 61 detik
Pitra Romadoni (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Pelapor video 61 detik yang dinarasikan 'mirip Nagita Slavina' kembali menemui polisi. Pelapor menyebut belum mengetahui sosok dalam video tersebut.

"Saat ini saya belum mengetahui (sosok dalam video) karena belum uji forensik," kata Presiden Kongres Pemuda Indonesia, Pitra Romadoni, di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (19/1/2022).

Pitra mengatakan video tersebut akan diuji forensik untuk mengetahui keaslian video serta mengetahui sosok dalam video itu.

"Nanti setelah uji forensik akan diketahui hasilnya editan atau palsu," katanya.

Pitra mengatakan siapa pun sosok dalam video tersebut bukan menjadi tujuannya. Namun dia lebih fokus pada penyebar dan pembuat video.

"Terlepas itu editan atau palsu kita tetap fokus pada pembuatan dan penyebaran video tersebut, sebagaimana diatur pasal 27 ayat 1 UU ITE," katanya.

Lebih lanjut, Pitra mengaku belum bertemu dengan Nagita Slavina yang direkayasa sebagai sosok dalam video itu. Dia mengatakan tidak ingin menuduh seseorang karena menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

"Saya sendiri nggak ada bertemu dengan beliau, karena saya menjunjung asas praduga tak bersalah. Kita nggak bisa menuduh itu siapa, takutnya nanti kita tuduh seseorang padahal hasilnya palsu dan rekayasa, orang lain yang mirip dengan dia, kan bisa rusak nama baiknya," katanya.

Seperti diketahui, Kongres Pemuda Indonesia melaporkan penyebar dan pembuat video 61 detik yang diduga mirip Nagita Slavina ke Polres Metro Jakarta Pusat pada 13 Januari 2022.

Polisi Pastikan Video Palsu

Video syur berdurasi 61 detik yang dikaitkan dengan artis Nagita Slavina sempat membuat heboh. Polisi telah memastikan video itu hasil rekayasa.

"Hasil koordinasi dengan Siber Polda Metro Jaya, video itu fake alias palsu, hasil editing," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana saat dihubungi, Sabtu (15/1/2022).

Raffi Ahmad juga membantah sosok yang ada di video tersebut adalah istrinya, Nagita Slavina atau Gigi.

"Ini sudah ke mana-mana, saya butuh klarifikasi kalau sudah menyangkut istri saya. Itu bukan Gigi-lah. Gila kali Gigi kayak gitu," kata Raffi Ahmad.

Bahkan, Nagita Slavina pun membantah hal tersebut. Dia mengaku tidak pernah merekam tindakan asusila tersebut.

"Nggak tahu, ya, nggak pernah deh aku macam-macam rekam begitu," kata Gigi.

(knv/knv)