Polres Bengkalis Amankan 1 ABK Speedboat Maut Tewaskan 4 TKI Ilegal

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 11:45 WIB
Operasi SAR pencarian korban kapal tenggelam di Bengkalis Riau
Operasi SAR pencarian korban kapal tenggelam di Bengkalis, Riau (Raja Adil Siregar/detikcom)
Bengkalis -

Polisi menangkap seorang anak buah kapal (ABK) speedboat tenggelam penyelundup 19 TKI ilegal dari Riau ke Malaysia. Empat orang tewas dalam insiden tersebut.

"Ada satu orang sudah diamankan, satu ini ABK atas nama David yang selamat. Status saat ini telah diamankan," ujar Kasi Humas Polres Bengkalis AKP Dwi Sunardi kepada detikcom, Rabu (19/1/2022).

Dwi mengatakan speedboat berangkat dari Bengkalis, Riau, menuju Malaysia secara ilegal. Seluruh TKI itu kini sudah diamankan di Polsek Rupat.

"Sebanyak 14 korban selamat semuanya diamankan di Polsek Rupat. Mereka berangkat ilegal," kata Dwi.

Dwi mengatakan tim gabungan pencarian telah menutup operasi sejak Senin (17/1). Operasi pencarian ditutup setelah dapat laporan dua ABK selamat dan melarikan diri bersama satu penumpang lain.

"Operasi SAR memang sudah dihentikan ya karena ada dugaan mereka yang belum ditemukan selamat. Ya masih ditangani tim di lapangan," katanya.

Informasi yang diterima detikcom, speedboat yang mengangkut 19 TKI diduga ilegal itu berasal dari Langkat, Sumatera Utara (Sumut), dan Riau. Mereka berangkat menuju Malaysia lewat Pangkalan Buah, Jumat (14/1).

Di tengah perjalanan, speedboat memutar balik karena cuaca buruk dan ombak yang terlalu besar. Saat memutar balik itulah speedboat dihantam ombak, terbalik dan dinyatakan hilang.