Siapa Heru Hidayat yang Lolos dari Hukuman Mati di Skandal ASABRI?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 11:41 WIB
Siapa Heru Hidayat
Siapa Heru Hidayat? (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Siapa Heru Hidayat? Namanya kembali menjadi sorotan setelah lolos dari tuntutan hukuman mati di kasus korupsi ASABRI meski dinyatakan bersalah merugikan negara hingga puluhan triliun rupiah.

Heru Hidayat sebelumnya dituntut hukuman mati oleh jaksa. Namun hakim memutuskan memberikan vonis nihil kepada Heru Hidayat karena sebelumnya divonis seumur hidup di kasus Jiwasraya dan putusan itu sudah berkekuatan tetap atau inkrah

Siapa sebenarnya Heru Hidayat dan mengapa dia lolos dari hukuman mati? Berikut informasinya yang dirangkum detikcom.

Siapa Heru Hidayat? Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera

Siapa Heru Hidayat? Ia merupakan Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (TRAM) sekaligus tersangka kasus korupsi. Heru Hidayat dinyatakan bersalah karena terlibat dalam korupsi PT Asuransi Jiwasraya dan PT ASABRI dengan kerugian puluhan triliun.

Siapa Heru Hidayat? Divonis Hukuman Seumur Hidup dalam Kasus Jiwasraya

Heru Hidayat sudah divonis hukuman seumur hidup bersama Benny Tjokrosaputro selaku Komisaris PT Hanson International Tbk. Putusan hakim atas hukuman seumur hidup untuk Heru Hidayat sudah berkekuatan tetap atau inkrah.

Bukan hanya hukuman penjara, keduanya juga diwajibkan membayar uang pengganti lebih dari Rp 16 triliun. Berikut rinciannya:

  • Heru Hidayat divonis membayar uang pengganti sebesar Rp 10.728.783.375.000
  • Benny Tjokro wajib membayar uang pengganti Rp 6.078.500.000.000

Siapa Heru Hidayat? Sempat Dituntut Hukuman Mati di Skandal ASABRI

Pada Desember 2021, jaksa menuntut Heru Hidayat dijatuhi hukuman mati. Heru Hidayat diyakini jaksa bersalah melakukan korupsi bersama mantan Dirut ASABRI Adam Damiri dan Sonny Widjaja dkk hingga merugikan negara sebesar Rp 22,7 triliun. Heru juga diyakini jaksa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Jaksa kala itu menyebut apa yang dilakukan Heru Hidayat adalah extraordinary crime.

Perbuatan terdakwa merupakan kejahatan extraordinary crime, yang artinya perilaku korupsi sangat berbahaya bagi integritas negara dan martabat bangsa, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah memberantas KKN, akibat yang ditimbulkan terdakwa adalah sebesar Rp 12.643.400.946.226 (triliun) sedangkan aset terdakwa hanya Rp 2.434.538.383.853 (triliun)," kata jaksa

Siapa Heru HidayatSiapa Heru Hidayat? (Agung Pambudhy/detikcom)

Heru Hidayat Lolos dari Hukuman Mati di Skandal ASABRI

Vonis hakim untuk Heru Hidayat berbeda dengan tuntutan jaksa. Heru Hidayat lolos dari hukuman mati yang dituntut jaksa.

Hakim memvonis Heru Hidayat bersalah namun memberikan vonis nihil. Hakim menjelaskan alasan vonis nihil kepada Heru di kasus ASABRI karena ia sudah mendapatkan hukuman seumur hidup di kasus Jiwasraya.

"Terdakwa telah dijatuhi hukuman seumur hidup dalam perkara tindak pidana korupsi PT Asuransi Jiwasraya berdasarkan keputusan PN Jakarta Pusat, Pengadilan Tinggi Jakarta dan Mahkamah Agung yang telah berkekuatan hukum tetap. Terdakwa telah menjalani sebagian atau baru dalam tipikor Jiwasraya yang sudah berkekuatan hukum tetap tersebut," kata hakim Ali Muhtarom dalam persidangan di PN Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (18/1/2022).

Siapa Heru Hidayat yang lolos dari hukuman mati di skandal ASABRI sudah dipaparkan. Di halaman selanjutnya, ada penjelasan komprehensif terkait apa itu vonis nihil.

Simak Video: Skandal ASABRI, Heru Hidayat Divonis Nihil dan Bayar Rp12,6 T ke Negara

[Gambas:Video 20detik]