Pelajar di Parepare Sulsel Diduga Lumpuh Usai Vaksinasi Dosis Kedua

Hasrul Nawir - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 10:52 WIB
Parepare -

Pelajar SMP bernama Muhammad Sahar (15) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), dikabarkan lumpuh beberapa hari setelah disuntik vaksin tahap kedua. Sahar kini dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Ada kelainan sakit, kakinya lemas dan sampai di punggung," kata nenek Sahar, Inuha (53), saat ditemui wartawan di rumahnya, Rabu (19/1/2022).

Sabar merupakan warga Jalan Menara, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulsel. Dia diduga mengalami gejala terkait kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) setelah disuntik vaksin COVID-19 tahap kedua di sekolahnya pada 21 Desember 2021.

Gejala KIPI tak langsung dirasakan Sabar. Dia baru mengalami kaki lemas dan susah digerakkan dalam kurun 14 hari.

"Baru dirasakan beberapa hari terakhir (kaki lemas)," kata Inuha.

Karena kondisinya, Sabar kini telah dirawat di RSUD Andi Makkasau, Parepare. Petugas menjemput korban di rumahnya agar dapat diberi penanganan lebih lanjut.

"Setelah adanya laporan, kami bersama dengan petugas medis mendatangi rumahnya dan langsung memeriksa kondisi dari warga kami tersebut," kata lurah setempat Hariyadi Achmad.

Terkait kondisi yang menimpa warganya, Haryadi meminta semua pihak tak berasumsi dan menunggu hasil pemeriksaan medis terhadap Sahar.

"Kami belum berani mengambil kesimpulan, masih menunggu pemeriksaan dari RSUD Andi Makkasau," katanya.

(hmw/mud)