TPU Kober Jakbar Banjir, Camat Cengkareng Minta Pemkot Sediakan Pompa

Karin Nur Secha - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 09:52 WIB
Jakarta -

Tempat pemakaman umum (TPU) Kober yang berlokasi di Pendongkelan, Cengkareng Timur, Jakarta Barat (Jakbar), tergenang banjir. Camat Cengkareng, Ahmad Faqih, meminta pompa penyedot air disediakan karena lokasi pemakaman itu kerap tergenang saat diguyur hujan deras karena lokasinya berada di daerah cekungan.

"Jadi memang karena daerahnya cekungan kalau misalnya kita mau salurkan air secara alamnya itu mungkin agak sulit ya maka harus ditarik. Kalau ditarik ya harus menggunakan alat dalam hal ini ya pompa," ujar Faqih kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Dia menyebut jika pembuangan akhir dari banjir yang berlokasi di makam tersebut adalah Cengkareng Draine dan sebelumnya harus melewati Kali Apuran. Hal tersebut diklaim yang menjadi persoalan banjir di pemakaman itu.

"Karena memang daerahnya cekungan sampe terus ke Kapuk itu daerah cekungan sementara tanggul di Cengkareng itu tinggi kan, jadi harus dengan pompa," ucapnya.

Kemudian, pompa yang digunakan juga harus sesuai dengan debit air yang masuk ke dalam area makam. Namun, bukan berarti persoalan bisa selesai karena ada pompa. Banjir rob yang kerap terjadi di wilayah ini juga menjadi salah satu pemicu banjir di makam.

"Nah tentunya untuk solusi seperti itu (pompa air) tidak bisa dengan jangka pendek harus dengan jangka panjang, artinya harus dengan perencanaan seksama dan komprehensif seluruhnya gitu. Itu yang mungkin bisa dilakukan pemerintah secara koordinatif dan kolaboratif dengan berbagai pihak," katanya.

"Karena memang persoalannya itu tadi, penyebabnya tadi kalau hujannya besar, kemungkinan akan terjadi genangan sangat mungkin. Karena daerahnya kan daerah cekungan kan," sambungnya.

Selanjutnya, dia juga menegaskan pompa air memang sangat diperlukan di makam untuk mengatasi banjir. Sebab, lokasi makam tersebut berada di daerah cekungan.

"Sangat dibutuhkan. Karena hampir semua yang terjadi genangan itu daerah-daerah yang cekungan kayak di Kelurahan Cengkareng Timur itu cekungan ya daerah situ. Terus ke Kapuk itu juga cekungan, bahkan daerah rendah," ujarnya.

"Pompanisasi merupakan salah satu alternatif yang bisa ditempuh oleh pemerintah untuk mengatasi persoalan," imbuhnya.

(ain/fas)