KPK Tegaskan Tak Pernah Buat Akun Jualan NFT Foto Koruptor-Eks Napi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 22:22 WIB
Dok. screenshoot.
Foto: Dok. screenshoot
Jakarta -

KPK angkat bicara soal adanya akun di marketplace NFT, OpenSea, yang menjual foto koruptor dan mantan narapidana. KPK menyatakan pihaknya tak pernah membuat akun tersebut.

"KPK tidak pernah membuat akun di marketplace tersebut dan meminta semua pihak agar tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK untuk kepentingan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

KPK meminta masyarakat waspada kepada akun yang mengatasnamakan dan berlogo KPK itu. Ali menyebut KPK tidak pernah mengadakan kegiatan jual-beli apa pun yang bersifat komersial.

"Komisi Pemberantasan Korupsi meminta masyarakat mewaspadai penyalahgunaan akun yang mengatasnamakan KPK dan menggunakan logo KPK di sebuah marketplace yang informasinya beredar di publik saat ini," katanya.

"KPK juga tidak pernah melakukan kegiatan melalui medium atau platform apa pun yang bersifat komersial, jual-beli dan kegiatan ekonomi lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi," tambahnya.

Lebih jauh, Ali mengimbau masyarakat agar segera melapor jika ada oknum yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan KPK.

"Jika masyarakat menemukan dugaan penipuan menggunakan nama dan logo KPK silakan menghubungi aparat penegak hukum terdekat atau menghubungi call center KPK 198," katanya.

Sebelumnya, beredar foto koruptor dan mantan narapidana (napi) kasus korupsi dijual di marketplace NFT, OpenSea. Foto yang muncul dari Setya Novanto hingga Muhammad Nazaruddin.

Dilihat detikcom, Selasa (18/1), akun yang menjual foto koruptor dan eks napi korupsi tersebut tertulis 'Komisi Pemberantasan Korupsi' lengkap dengan foto lambang Garuda. Akun tersebut mulai aktif menjual foto koruptor per 14 Januari 2022. Namun belum bisa dikonfirmasi soal kepemilikan akun tersebut.

Foto para koruptor dan eks napi korupsi yang terpampang antara lain Miranda S Goeltom, Djoko Susilo, Akil Mochtar, eks Bupati Buol Amran Batalipu, Muhammad Nazaruddin, dan Setya Novanto.

Foto Miranda Goeltom yang paling pertama diunggah akun 'KPK'. Foto Miranda dijual dengan harga US$ 158,41.

Foto yang dijual paling mahal yakni Setya Novanto. Foto Novanto yang dijual sedang memakai kemeja putih dan rompi oranye khas KPK. Foto Novanto dijual paling mahal dengan harga US$ 2.851,40.

Sebagai informasi, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni ataupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, dan game.

(azh/idn)