Menkes Percepat Vaksinasi Anak: Supaya Omicron Masuk Kita Sudah Siap

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 20:18 WIB
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin hadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR. Raker itu membahas pengeluaran pemerintah terkait belanja di sektor kesehatan
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya mempercepat vaksinasi Corona pada usia anak. Hal itu guna mencegah penyebaran Omicron.

"Anak cepat sekali vaksinasi. Kenapa kita percepat? supaya saat Omicron masuk, sebagian besar orang kita sudah siap," kata Budi Gunadi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Selasa (18/1/2022).

Budi mengatakan keseluruhan vaksinasi hingga saat ini sudah mencapai 300 juta dosis. Angka ini mendekati target awal, yakni 400 juta.

"Kalau ditanya berapa, hari ini nyentuh 300 juta dari target awal 400 juta, gara-gara ditambah anak nambah lagi 26 juta orang atau 52 juta dosis vaksin," ujarnya.

Budi menargetkan vaksinasi dua dosis akan selesai pada akhir Juni. Termasuk vaksinasi dewasa hingga anak.

"Perkiraan saya, mungkin di bulan April kita sudah bisa selesai primer untuk dewasa remaja, kalau lihat (rate) sekarang. Juni bisa selesai vaksinasi primer untuk termasuk anak-anak. Jadi 450 juta mungkin sudah disuntikkan sampai akhir Juni. Kira-kira seperti itu," ujarnya.

(eva/isa)