DPRA Minta Mendagri Tunjuk Pj Gubernur Aceh Sosok yang Paham Daerah

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 18:46 WIB
Rapat di Gedung DPR Aceh (Agus Setyadi/detikcom).
Rapat di Gedung DPR Aceh (Agus Setyadi/detikcom)
Aceh -

Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menunjuk Pj Gubernur Aceh sosok yang paham kondisi Tanah Rencong. Masa Jabatan Gubernur Nova Iriansyah bakal berakhir pada 5 Juli mendatang.

"Soal penetapan Pj Gubernur itu ranahnya Mendagri. Kita berharap sosok yang paham tentang Aceh," kata Safaruddin kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Safaruddin mengatakan ada sejumlah persoalan yang terjadi di Aceh saat ini. Di antaranya masalah kemiskinan, pengangguran, pendidikan, kesehatan, serta pandemi COVID-19.

Politikus Partai Gerindra itu menjelaskan, sosok yang bakal memimpin Aceh harus orang yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut. Dia berharap yang ditunjuk menjadi Pj Gubernur Aceh nantinya adalah orang yang mendapat mandat dari presiden.

"Yang lebih penting lagi, Pj Gubernur adalah orang mendapat mandat khusus dari Presiden untuk menyelesaikan berbagai masalah di Aceh, termasuk soal kekhususan," jelas Safaruddin.

"Ini penting bagi Aceh. Kita berharap Pj Gubernur adalah sosok yang bisa membangun Aceh dan bisa bergandengan tangan dengan DPRA," lanjutnya.

Selain itu, kata Safaruddin, sosok Pj Gubernur Aceh sosok yang mau bersinergi. Menurutnya, untuk membangun Aceh tidak dapat dilakukan pemerintah sendiri, tapi juga harus bersama-sama dengan DPR Aceh.

"Di masa transisi nanti, kita tidak ingin terjadi konflik kepentingan antara DPRA dan Pemerintah Aceh, seperti selama ini. Aceh hanya butuh perubahan dan kesejahteraan," ujar Safaruddin.

(agse/mud)