KPK Geledah Sejumlah Rumah di Kaltim Terkait Kasus Bupati Abdul Gafur

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:57 WIB
Gedung baru KPK
Ilustrasi KPK (Andhika Prasetya/detikcom)
Balikpapan -

KPK melakukan penggeledahan di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Penggeledahan ini tepatnya dilakukan di rumah kediaman pihak terkait dengan perkara yang menjerat Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud sebagai tersangka.

"Hari ini (18/1), tim penyidik masih melanjutkan penggeledahan di beberapa tempat yang ada di wilayah Kabupaten PPU dan Balikpapan, Kaltim," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

"Di mana lokasi yang dituju adalah rumah kediaman dari para pihak yang diduga terkait dengan perkara ini," tambahnya.

Ali mengatakan tim penyidik kini masih melakukan penggeledahan. Nantinya akan diinformasikan perkembangan selanjutnya.

"Kegiatan masih berlangsung dan informasi berikutnya akan kembali kami sampaikan," katanya.

Abdul Gafur Mas'ud sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap proyek pembangunan jalan bersama dengan Bendum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis. KPK pun akan menyusuri ada tidaknya aliran dana suap ke partai.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan sejatinya kepala daerah bukan tidak mungkin akan berafiliasi dengan partai politik. Abdul Gafur pun diketahui saat ini adalah kader Partai Demokrat.

"Kita semua tahu bahwa kepala daerah itu semua terafiliasi dengan partai, kebetulan AGM ini juga dari Partai Demokrat," kata Alex dalam jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (14/1).

Kemudian, kata Alex, di Kalimantan Timur saat ini tengah ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat. Abdul Gafur, sebut Alex, menjadi salah seorang kandidat calon ketua di sana.

"Dan betul tadi yang disampaikan di sana sedang ada pemilihan Ketua DPD Partai Demokrat di Kalimantan Timur, salah satu calonnya adalah AGM," kata Alex.

(azh/isa)