Viral Driver Ojol Nyelonong Masuk Tol Makassar Gegara Ikuti Google Maps

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 11:27 WIB
Viral ojol kesasar masuk tol gegara ikuti google maps (dokumen istimewa)
Viral ojol kesasar masuk tol gegara ikuti Google Maps (dok. istimewa)
Makassar -

Viral di media sosial seorang driver ojek online (ojol) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dihadang polisi akibat kedapatan menerobos jalan tol. Kepada polisi, driver ojol mengaku kesasar karena aplikasi Google Maps.

Di video viral, tampak driver ojol sedang menepi di jalan tol. Selanjutnya terdapat sejumlah polisi lalu lintas yang memeriksa driver ojol tersebut.

Dijelaskan dalam video, driver ojol itu mengaku kesasar masuk jalan tol karena fokus mengikuti arahan di aplikasi Google Maps ponselnya. Tanpa dia sadari, driver itu sudah berada di jalan tol.

Polantas mengungkap driver ojol yang tak disebutkan identitasnya itu sedang mengantarkan makanan pesanan pelanggan. Disebutkan pula, si driver benar-benar kesasar alias tak sengaja menerobos tol.

"Kronologi sepeda motor ini masuk jalan tol, mereka diarahkan oleh Google Maps. Setelah pengendara tersebut sadar diri dan merasakan tidak ada sepeda motor di jalan selain dirinya, baru minggir dan berhenti," kata Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faisal saat dimintai konfirmasi, Selasa (18/1/2022).

Saat diperiksa petugas, driver itu mengatakan hendak mengantarkan makanan pelanggan ke Jalan Kalimantan, Makassar. Petugas dengan segera memberikan petunjuk jalan.

"Jadi tindakan yang kita lakukan tindakan persuasif karena tidak sengaja. Anggota di lapangan juga ngasih edukasi walaupun kamu diarahkan Google Maps tetap memperhatikan rambu-rambu demi keselamatanmu dan pengguna jalan lainnya," pungkas Faisal.

(hmw/mud)