Kemenkes Bantah Delegasi Kesehatan Kunjungi Israel Bahas Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 10:46 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi
Siti Nadia Tarmizi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Radio militer Israel melaporkan kedatangan delegasi kesehatan pejabat dari Indonesia untuk membahas penanganan virus Corona. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menegaskan bahwa pihaknya tak mengirim delegasi kesehatan ke Israel.

"Tidak ada ya dari Kemenkes juga," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Kemlu RI Tak Terima Informasi

Kemlu RI sebelumnya telah buka suara mengenai pemberitaan yang dilaporkan oleh radio militer Israel itu. Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah mengatakan pihaknya tidak menerima informasi adanya pertemuan delegasi kesehatan Indonesia dengan Israel untuk membahas mengenai COVID-19 itu.

"Saya tidak mengetahui hal ini dan juga tidak ada informasi," kata Faizasyah kepada wartawan, Senin (18/1).

Laporan Radio Militer Israel

Dilansir Associated Press (AP), Selasa (18/1), laporan dari radio militer Israel itu tidak menyebutkan kapan kunjungan delegasi pejabat kesehatan RI itu terjadi. Hanya disampaikan mengenai tujuan kunjungan yaitu pertemuan dengan pejabat Israel.

"Untuk mempelajari cara penanganan pandemi Corona," tulis laporan radio militer Israel itu.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel tidak memberikan konfirmasi mengenai kunjungan itu. Namun mereka hanya menyampaikan bila Israel siap bekerja sama dengan internasional dalam melawan pandemi.

"(Kami) percaya pada kerja sama internasional dalam berbagai hal untuk melawan virus Corona," ucapnya.

(lir/fjp)