Polisi Tangkap Warga Muara Angke Jakut Terkait Jual-Beli Sabu

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 08:57 WIB
ilustrasi narkoba
Ilustrasi transaksi narkoba (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang warga Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut), bernama Muhamad Ramli ditangkap polisi. Ramli diciduk usai kedapatan melakukan transaksi narkoba jenis sabu.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Kompol Seto Handoko Putra, mengatakan pihaknya mendapat informasi akan adanya transaksi narkoba yang dilakukan Ramli pada Senin (17/1). Menyikapi informasi itu, polisi langsung melakukan penyelidikan.

"Melaksanakan penyelidikan untuk mengungkap pelaku dan mendapatkan informasi yang akurat akan ada orang melakukan transaksi narkotika jenis sabu di wilayah Pelabuhan Muara Angke," kata Seto kepada detikcom, Selasa (18/1/2022).

Dari hasil penyelidikan itu, polisi berhasil mengamankan satu pelaku, yakni Muhamad Ramli. Pelaku diamankan polisi di rumahnya di Muara Angke, Penjaringan, Jakut, Senin (17/1) pukul 23.15 WIB.

"Sekira jam 23.15 WIB, tim Opsnal berhasil mengamankan pelaku di dalam rumahnya yang sedang santai di lantai 2 rumahnya," ujar Seto.

Polisi kemudian melakukan penggeledahan di rumah pelaku. Dalam penggeledahan itu, polisi menemukan narkotika jenis sabu seberat 2,72 gram dan barang bukti lainnya.

"(Barang bukti) Plastik bening yang berisikan 4 paket plastik klip, dan 16 paket plastik klip berisikan narkotika jenis sabu kristal berat 2,72 gram bruto, 6 sedotan plastik yang sudah diruncingkan," ucapnya.

Seto menyebut modus yang dilakukan pelaku, yakni membeli sabu untuk kemudian dijual kembali. Menurutnya, sabu tersebut bakal dijual pelaku kepada warga sekitar.

Belum diketahui sejak kapan pelaku melakukan transaksi narkoba. Seto mengatakan pihaknya masih mendalami kasus tersebut demi mengungkap pelaku lainnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 114 ayat (1) dan/atau Pasal 112 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

(fas/fas)