DPR Akan Rapat Putuskan Jadwal Tahapan Pemilu 2024 Pekan Depan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:45 WIB
Ahmad Doli Kurnia.
Ahmad Doli Kurnia (detikcom)
Jakarta -

Komisi II DPR RI memastikan akan memutuskan jadwal dan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada pekan depan. Penetapan itu akan dilakukan dalam rapat kerja dengan pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Waktu dekat, mungkin minggu depan, kita akan raker untuk memutuskan jadwal dan tahapan Pemilu," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Doli mengatakan sejak awal DPR telah mendorong pemerintah dan penyelenggara pemilu segera membuat kesepakatan terkait jadwal dan tahapan Pemilu 2024. Dia menilai rentang waktu yang diberikan kepada pemerintah dan KPU untuk menyepakati jadwal Pemilu sudah cukup. Lantas, jadwal Pemilu harus segera diputuskan.

"Sekarang waktunya sudah cukup untuk melakukan konsolidasi, makanya kami menggelar rapat kerja minggu depan untuk menetapkan jadwal dan tahapan Pemilu," ujar Doli.

Sebelumnya, politikus Golkar itu mengatakan Pemerintah melalui Kemenkopolhukam dan Mendagri menyampaikan usulan agar pemilu dijadwalkan pada 15 Mei. Sementara itu, KPU mengusulkan agar jadwal pemilu diadakan pada Februari.

"Jadi selama ini yang kami ketahui, kronologinya pemerintah itu sudah pernah menyampaikan secara resmi itu melalui rilis dari Kemenkopolhukam tanggal 15 Mei. Kemudian di dalam rapat kerja Komisi II, Menteri Dalam Negeri juga menyampaikan hal yang sama bahwa pemerintah mengusulkan 15 Mei," ujar Doli kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/12/2021).

"Kedua, kami juga memberikan pesan kepada KPU. KPU juga harus konsolidasi dengan sesama penyelenggara. Waktu itu kan mereka suaranya belum solid. KPU maunya Februari, Bawaslu juga nggak apa-apa ikut pemerintah. Kita meminta mereka untuk konsolidasi," katanya.

(fca/gbr)