Negara Tonga Terletak di Mana dan Serba-serbinya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 13:45 WIB
Aerial view of rural Uiha Island near Lifuka, the Haapai Group, Haapai, Haapai islands, Kingdom of Tonga, Polynesia, Oceania, South Pacific Ocean. Palms, yellow sandy beaches and villages.
Negara Tonga Terletak di Mana dan Serba-serbinya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Dmitry Malov)
Jakarta -

Negara Tonga terletak di mana mungkin menjadi pertanyaan publik belakangan ini. Hal tersebut terkait dengan erupsi gunung berapi bawah laut yang terjadi di Tonga beberapa waktu lalu.

Erupsi gunung berapi bawah laut di Tonga berdampak pada terjadinya tsunami. Selain itu, erupsi gunung berapi bawah laut tersebut juga berdampak pada beberapa negara lainnya.

Lalu, negara Tonga terletak di mana? Berikut adalah rangkuman informasinya.

Negara Tonga Terletak di Mana? Ini Jawabanya

Menjawab pertanyaan negara Tonga terletak di mana, dilansir dari situs The Commonwealth, negara Tonga merupakan negara yang berada di barat daya Samudra Pasifik. Negara Tonga merupakan negara yang terdiri dari sekitar 170 pulau.

Namun, dari 170 pulau di Tonga, hanya 36 pulau yang berpenghuni. Pulau-pulau di barat Tonga terdiri dari berbagai gunung berapi. Sementara itu pulau-pulau di timur Tonga memiliki permukaan yang lebih rendah di bawah permukaan laut.

Negara Tonga memiliki luas 748 kilometer persegi.Tonga dikelilingi negara tetangga Fiji di bagian barat, kepulauan Cook di Timur dan Samoa di bagian utara.

Dilansir dari Britannia, 170 pulau di Tonga dibagi menjadi 3 kelompok pulau utama, yakni:

  1. Pulau Tongatapu di Selatan
  2. Pulau Ha'apai di Tengah
  3. Pulau Vava'u di Utara

Sebagian besar penduduk Tonga tinggal di tiga pulau utama tersebut. Selain itu, hampir tiga perempat warga Tonga tinggal di Pulau Tongatapu.

Negara Tonga terletak di mana saat ini sudah diketahui. Berikut adalah informasi lainnya mengenai negara Tonga.

Negara Tonga: Banyak Gunung Berapi

Dilansir dari situs Britannica, terdapat dua pulau di Tonga yang terbentuk akibat aktivitas erupsi gunung berapi bawah laut. Sebagian besar pulau-pulau di barat Tonga diklasifikasikan sebagai pulau-pulau tinggi, karena pulau-pulau tersebut telah terangkat jauh di atas permukaan laut oleh aktivitas gunung berapi yang berulang.

Di bagian barat negara Tonga, terdapat sejumlah gunung berapi, empat di antaranya merupakan gunung berapi yang masih aktif. Selain itu, beberapa pulau di negara Tonga terbentuk oleh aktivitas gunung berapi, seperti pulau Late dan pulau Kao.

Erupsi Gunung Berapi Bawah Laut Tonga

Seperti dilansir AFP, erupsi gunung berapi bawah laut di negara Tonga terjadi pada Jumat (14/1) waktu setempat. Erupsi berlangsung selama delapan menit dan mengirimkan gas dan asap ke udara sejauh beberapa kilometer.

Pasca letusan gunung api bawah laut terjadi, Otoritas Tonga telah merilis peringatan tsunami. Pemerintah Tonga memerintahkan warganya untuk segera pergi ke tempat yang lebih tinggi.

Biro Meteorologi Australia melaporkan bahwa terjadi gelombang tsunami setinggi 1,2 meter di Nukualofa, ibu kota Tonga pada Sabtu (15/1). Adapun disebutkan ketinggian maksimum gelombang tercatat hanya mencapai 30 sentimeter.

Warga Tonga dilaporkan berlarian menyelamatkan diri ke tempat lebih tinggi meninggalkan rumah-rumah mereka yang terendam banjir. Bahkan Raja Tonga Tupou VI juga dilaporkan dievakuasi dari Istana di Nuku'alofa dan diamankan ke sebuah vila yang jauh dari pesisir.

Kini negara Tonga terletak di mana telah diketahui. Adapun gunung berapi bawah laut di Tonga dilanda erupsi hingga berdampak ke sejumlah negara. Simak informasinya di halaman selanjutnya.