Kampanye Energi Hijau, Kemenhub Touring Jakarta-Jambi Pakai Mobil Listrik

M Iqbal - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 12:11 WIB
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar touring menggunakan mobil listrik dengan rute Jakarta-Jambi. 16 kendaraan listrik dari berbagai merk tersebut akan menempuh jarak 892 kilometer.

Peserta touring memulai perjalanan dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Rombongan tiba di Pelabuhan Merak sekitar pukul 11.00 WIB.

"Bahwa hari ini di Merak saat ini telah sampai rombongan kegiatan road show untuk mobil listrik, green car dalam hal ini tentunya berangkat dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta," kata Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Kemenhub, Junaidi kepada wartawan di Pelabuhan Merak, Senin (17/1/2022).

Junaidi mengatakan touring menggunakan mobil listrik ini sengaja dilakukan untuk mengampanyekan energi bersih di bidang transportasi darat. Pemakaian kendaraan listrik, kata dia akan terus digencarkan seiring dengan tujuan pemerintah mengurangi emisi karbondioksida.

"Road show pada kesempatan ini menggunakan kendaraan listrik hybrid dalam rangka green car yang mana dalam rangka nantinya Kemenhub ditunjuk kembali sebagai manager campaign-nya gerakan bangga buatan Indonesia 2022," ujarnya.

Rombongan touring akan menempuh jarak 892 km dari Jakarta ke Jambi. Kapasitas baterai dalam kendaraan jika diisi penuh dapat menempuh perjalanan sepanjang 300 km. Belasan kendaraan itu sudah diisi penuh di Jakarta. Mobil bakal kembali diisi daya di Km 49 Tol Lampung-Palembang, pengisian kedua di Bandar Lampung, dan terakhir di Jambi.

"Di sini ada 16 kendaraan mobil listrik ini akan menempuh jarak 892 atau dari Jakarta-Jambi selama 2 hari, tentunya pada spot tertentu akan dilakukan pengisian listrik di Bandar Lampung dan menuju ke Jambi. Diharapkan sampai di Jambi 18 Januari jam 12 siang," ujarnya.

(idn/idn)