Panjat Tower SUTET di Pekanbaru, Wanita ODGJ Pingsan Saat Dievakuasi

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 10:43 WIB
Wanita ODGJ panjat SUTET 40 meter di Pekanbaru
Wanita ODGJ panjat SUTET 40 meter di Pekanbaru (Foto: Raja Adil Siregar)
Pekanbaru -

Seorang wanita, Yulizar (42) membuat geger warga Pekanbaru, Riau. Sebab, wanita diduga gangguan kejiwaan itu nekat memanjat tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) setinggi 40 meter.

Komandan Tim dari Basarnas Pekanbaru, Juhandra mengatakan korban memanjat SUTET sekitar pukul 05.00 Wib pagi tadi di Jalan Kulim, Tenayan Raya. Yulizar naik menuju SUTET berbekal tangan kosong.

"Korban naik ke atas sekitar pukul 05.00 Wib. Tapi laporan kita terima dari teman-teman Polsek sekitar pukul 07.00 Wib," kata Juhandra kepada wartawan, Senin (17/1/2022).

Setelah menerima laporan, tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polsek Tenayan Raya dan Damkar Kota Pekanbaru turun ke lokasi. Di lokasi terlihat Yulizar duduk di atas SUTET.

"Kita terima laporan terkait percobaan bunuh diri. Setelah sampai di lokasi, kita upayakan evakuasi dengan melakukan mediasi karena kejiwaan nya terganggu," kata Juhandra.

Setelah 1 jam lebih, petugas gabungan akhirnya bisa mengevakuasi korban turun dari tower SUTET setinggi 40 meter itu. Korban turun dalam kondisi tak sadarkan diri.

"Kondisi korban sehat, tapi waktu sampai di bawah pingsan. Korban kita evakuasi pukul 08.20 Wib dalam keadaan selamat setelah memanjat tower SUTET setinggi 40 meter," katanya.

Setelah dievakuasi, korban dibawa ke RS terdekat untuk mengecek kesehatannya. Tim juga sempat kesulitan karena selama evakuasi harus menunggu tegangan yang ada diturunkan.

"Kesulitan tadi karena tim harus menunggu tegangan didownkan dulu. Syukur semua selamat," katanya.

Simak juga 'Polisi Tangkap 4 Pelaku Pembunuhan ODGJ di Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/mud)