Luhut: Transmisi Lokal Corona Kini Lebih Tinggi Daripada PPLN

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 17:39 WIB
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kondisi terkini mengenai perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia. Luhut menyebut kasus COVID-19 kini lebih didominasi oleh transmisi lokal.

Hal itu disampaikan oleh Luhut dalam jumpa pers virtual, Minggu (16/1/2022). Luhut awalnya menyampaikan mengenai data kasus COVID-19 yang telah menembus angka 1.000 dan hari ini kembali turun ke angka 800-an.

"Pemerintah menyadari cepat atau lambat akan terjadi peningkatan kasus seperti yang terjadi kemarin di mana telah menyentuh angka 1.054 kasus per hari. Terakhir kita mencapai angka tersebut adalah pada tanggal 11 Oktober 2021 yang lalu. Tapi sore ini, hari ini juga menurun kembali di bawah seribu yaitu 800 sekian. Dari data tersebut kasus transmisi lokal sudah lebih tinggi dari kasus transmisi yang disebabkan oleh para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)," ujar Luhut.

Luhut menyampaikan kenaikan kasus COVID-19 tersebut didominasi oleh wilayah Jawa-Bali. Salah satu provinsi dengan kenaikan tertinggi yaitu DKI Jakarta.

"Kasus didominasi oleh wilayah Jawa-Bali terutama Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, dan kenaikan kasus Jawa-Bali terlihat pada Provinsi Jawa Barat dan Banten. Hal tersebut didorong oleh wilayah mereka yang masuk gelombang aglomerasi Jabodetabek," ujar Luhut.

(knv/dhn)