Soal Desakan Tunjangan Anies Dibuka, Wagub Pamer DKI Raih 4 Kali WTP

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 15:01 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria
Wagub DKI (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pihaknya selalu terbuka mengenai data keuangan, termasuk soal tunjangan kepala daerah. Bahkan, Riza menyebut Pemprov DKI masuk jajaran daerah terbaik dalam mempertanggungjawabkan data keuangan.

"Kami tidak ada masalah, sejauh ini seperti yang disampaikan, alhamdulillah kalau kita bicara pertanggungjawaban, pembukuan, transparan, keterbukaan terkait dengan keuangan di DKI Jakarta alhamdulillah kita termasuk provinsi terbaik," kata Riza kepada wartawan, Minggu (16/1/2022).

Hal ini, kata dia, dibuktikan oleh DKI Jakarta yang meraih empat kali penghargaan wajar tanpa pengecualian (WTP). Dia lantas meminta DPRD DKI tak meragukan soal keterbukaan maupun transparansi keuangan.

"Kita sudah 4 kali WTP, ini prestasi luar biasa. Ke depan tidak hanya kita pertahankan, tapi tingkatkan terkait pelaporan, pembukuan, pertanggungjawaban keuangan, tapi juga kita ingin menjadikan sesuatu yang memang harus mendapatkan WTP sebagai komitmen dan pertanggungjawaban kami Pemprov DKI terhadap keuangan rakyat," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka data uang tunjangan milik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Gembong mengatakan transparansi anggaran tersebut perlu dilakukan agar tak menimbulkan kecurigaan dari berbagai pihak.

"Transparansi anggaran, saya kira itu hal yang positif kalau bisa dilakukan oleh Pak Anies. Itu jauh lebih baik, sehingga tidak muncul praduga, tidak muncul kecurigaan dari seluruh elemen warga Ibu Kota," kata Gembong saat dihubungi, Jumat (14/1/2022).

Simak juga 'Keterisian RS di DKI Meningkat dari Hari ke Hari':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/knv)