Ganjar Dorong Milenial Pelajari Sejarah Kejayaan Majapahit

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 09:18 WIB
Ganjar Pranowo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi Maha Vihara Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Di sana, Ganjar mengulas kembali peninggalan Kerajaan Majapahit yang tersimpan di Kecamatan Trowulan.

"Ingat Trowulan pasti ingat Hayam Wuruk dan patihnya, Gadjah Mada. Pesan yang ingin diberikan adalah bagaimana Sumpah Palapa untuk mempersatukan Nusantara. Kalau sekarang, ya mempersatukan Indonesia," ungkap Ganjar dalam keterangan tertulis, Minggu (16/1/2022).

Ganjar menuturkan, saat Hayam Wuruk memimpin didampingi Gadjah Mada, Majapahit menjadi kerajaan kuat. Hal itu lantaran pemerintahannya perhatian pada rakyat kecil, tegas, dan membangun pertanian dengan baik.

"Artinya negara agraris sudah terwujud pada saat itu," cetus Ganjar.

Dia berharap, generasi muda atau milenial dapat ikut melestarikan dengan mempelajari sejarah kejayaan Majapahit. Dengan begitu, kaum muda dapat mengambil tauladan dari kejayaan Majapahit.

"Kita generasi selanjutnya bisa mempelajari. Akankah Indonesia kembali bisa sehebat Majapahit? Pasti bisa, karena sejarahnya ada di sini," sebut Ganjar.

Sementara itu, pimpinan Maha Vihara Majapahit Bhante Viryanadi mengutarakan kebahagiaannya atas kedatangan Ganjar saat perayaan ulang tahun Maha Vihara Majapahit ke-32.

"Tentu merasa bangga, merasa senang. Pak Ganjar itu kan sosok yang sangat peduli pada sesama. Saya melihat mas Ganjar toleransinya kuat sekali, kebangsaannya dan kebhinekatunggalikaannya juga bagus," tutur Bhante.

Bhante sepakat dengan Ganjar bahwa generasi penerus saat ini berjuang mengembalikan kejayaan Majapahit di Indonesia. Upaya tersebut, kata dia, perlu selaras dengan dukungan pemerintah.

"Saya mengharapkan mas Ganjar bisa memikirkan kembalinya kejayaan Majapahit seperti dulu," ungkap Bhante.

(ega/ega)