Polisi Jemput Bola Gelar Vaksinasi Merdeka ke Anak-Remaja di Jaktim

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 02:40 WIB
Polisi jemput bola gelar vaksinasi COVID-19 ke anak di Matraman, Jaktim (istimewa)
Foto: Polisi jemput bola gelar vaksinasi COVID-19 ke anak di Matraman, Jaktim (istimewa)
Jakarta -

Program Vaksinasi Merdeka yang menyasar kelompok anak tengah digencarkan saat ini. Sejumlah upaya untuk mengajak anak-anak menerima vaksin pun dilakukan.

Salah satunya lewat kegiatan vaksinasi mobile yang dilakukan Polsek Matraman. Polisi melakukan jemput bola untuk melakukan vaksinasi kepada anak-anak di wilayah Matraman, Jakarta Timur.

"Sabtu dan Minggu kita tetap melaksanakan Vaksinasi Merdeka anak di GOR Matraman, tapi juga kita siapkan (vaksin) mobile. Para babinkamtibmas jemput ke rumah karena anak sekolah pada libur," kata Kapolsek Matraman Kompol Tedjo kepada wartawan, Sabtu (15/1/2022).

Upaya jemput bola itu membuahkan hasil. Hari ini tercatat ada 64 anak mendapatkan suntik vaksin di wilayah Matraman, Jakarta Timur.

"Untuk kriteria anak enam sampai dengan 11 tahun ada 64 orang telah mendapatkan vaksin hari ini," katanya.

Menurut Tedjo, dari 64 anak yang divaksin hari terbagi dalam dua kelompok. Dia menyebut 35 anak mendapatkan suntik vaksin dosis pertama dan 29 anak lainnya mendapatkan suntik vaksin dosis kedua.

Kelompok remaja pun turut menjadi sasaran yang menerima vaksin hari ini. Total ada tiga remaja di Matraman, Jakarta Timur, hari ini mendapatkan suntik vaksin dosis kedua.

"Untuk kriteria remaja 12 sampai 17 tahun ada tiga orang yang divaksin dosis kedua hari ini," ujar Tedjo.

Vaksinasi Merdeka diketahui digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran akan dilanjutkan pada 2022. Polda Metro Jaya memastikan program itu akan dilanjutkan di tahun 2022 dengan fokus menyasar pada kelompok anak.

"Di tahun 2022 kami akan terus melanjutkan kerja-kerja kemanusiaan dengan Vaksinasi Merdeka untuk memastikan seluruh warga DKI dan aglomerasi dapat memiliki perlindungan diri melalui vaksinasi, di antaranya vaksinasi anak," kata Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Didiet Setiobudi kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Didiet mengatakan leway program Vaksinasi Merdeka pada 2022 diharapkan tidak ada lagi warga Jakarta yang kehilangan anggota keluarganya akibat pandemi virus Corona.

"Semoga program vaksinasi ini dapat menjadi jalan untuk mencegah lebih banyak anak yang harus kehilangan keluarga, atau usaha dan pekerjaan masyarakat yang terbengkalai, karena sumber daya manusia yang tidak sehat bahkan harus menghadapi kematian karena COVID-19," pungkas Didiet.

(ygs/dwia)