Anies Jenguk Sastrawan Remy Sylado yang Terbaring Sakit, Rujuk ke RS

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 22:22 WIB
Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado (Dok istimewa)
Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk sastrawan Remy Sylado yang terbaring sakit. Ternyata aktor senior itu sudah lama terbaring sakit, tapi tak ada biaya untuk berobat.

Pertemuan itu diungkap oleh Pendiri Teater Tanah Air, Jose Rizal Manua yang ikut mendampingi Anies menjenguk Remy. Saat bertemu, Remy bercerita kepada Anies dirinya sedang menyelesaikan novel baru.

"Dia sedang menyiapkan novel juga kan baru separuh novel yang dia tulis. Tubuhnya saja jadi nggak bisa bangun, kakinya bermasalah jadi ada bagian perutnya mungkin ya bermasalah," kata Rizal saat dimintai konfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Rizal menyebut Remy sudah lama menderita sakit, terutama di bagian kaki dan perutnya. Namun sayangnya, Remy tak bisa mengobati penyakitnya lantaran memiliki keterbatasan biaya.

"Tubuhnya saja jadi nggak bisa bangun, kakinya bermasalah jadi ada bagian perutnya mungkin ya bermasalah. Itu nggak bisa dideteksi karena nggak ada dana untuk berobat," ujarnya.

Anies pun akhirnya merujuk Remy ke RSUD Tarakan untuk mendapatkan perawatan intensif. Rizal memandang, bantuan ini tak terlepas dari kekaguman Anies terhadap seorang Remy Sylado.

Di mata Anies, sosok Remy merupakan aset bangsa yang melahirkan berbagai karya emas, sehingga perlu mendapatkan perlakuan istimewa.

"Dia ahli musik, dia ahli bahasa, dia ahli sastra, dia ahli teater, ahli film. Jadi tidak banyak seniman yang seistimewa Remy Sylado saya kira," sebutnya.

"Tadi Pak Anies bilang, sekarang ditangani sama Pemprov DKI semua. Keadaan Bang Remy, terus tadi dirujuk ke RS Tarakan di VIP," tambahnya.

Di akhir pertemuan, Anies berharap Remy lekas sembuh selepas keluar dari rumah sakit sehingga bisa kembali berkarya.

"Pak Anies ingin supaya novel ini bisa segera selesai (jadi), Bang Remy harus mau ke rumah sakit sekarang," imbuhnya.

(taa/isa)