Gempa M 6,6 Banten, Terasa di Jakarta, Bandung hingga Lampung

ADVERTISEMENT

Gempa M 6,6 Banten, Terasa di Jakarta, Bandung hingga Lampung

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 17:08 WIB
Pusat gempa M 6,7 di Banten (dok. BMKG)
Pusat gempa M 6,6 di Banten (dok. BMKG)
Jakarta -

Gempa magnitudo (M) 6,6 (data terbaru BMKG) mengguncang Sumur, Banten. Gempa ini juga dirasakan kuat di Jakarta, Bandung, hingga Lampung.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada pukul 16.05 WIB, Jumat (14/1/2022). Gempa susulan juga terjadi beberapa kali buntut dari gempa ini.

Guncangan gempa dirasakan di Cikeusik dan Panimbang dalam skala VI MMI. Kemudian di Labuan dan Sumur dalam skala IV MMI.

Gempa juga dirasakan di Tangerang Selatan, Lembang, Kota Bogor, Palabuhanratu, Kalianda, Bandar Lampung, dalam skala III-IV MMI. Kemudian di Anyer dalam skala III MMI.

Sementara itu, di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab Bogor, Kotabumi, gempa dirasakan dalam skala II-III MMI.

Skala VI MMI artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari ke luar. Skala IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Skala III-IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Sementara, skala I-III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan di Kecamatan Munjul dan Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis.

(mae/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT