Pemkot Anggarkan Rp 20 M untuk Renovasi Balai Kota Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 16:46 WIB
Kantor Wali Kota Makassar Sulsel
Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Makassar -

Kantor Balai Kota Makassar bakal direnovasi secara besar-besaran. Total anggaran renovasi sebesar Rp 20 miliar disiapkan.

"Yang menara kita perbaiki, diperbaiki semua, WC diperbaiki, tempat genset di situ tidak ada gunanya, saya kasih clear jadi taman di situ. Tahun ini harus selesai," kata Wali Kota Makassar Moh Ramadhan 'Danny' Pomanto kepada wartawan, Jumat (15/1/2022).

Danny mengatakan renovasi bakal dilakukan pada seluruh bagian interior Balai Kota. Namun renovasi juga bakal memperhatikan sejumlah area yang termasuk kategori warisan peninggalan Belanda.

"Kantor Balai Kota tidak ada ji didesain (bangunan gedung), interiornya ji, semua kita kembalikan ke heritage (warisan). Jadi yang tidak tergolong heritage, misal keramik WC, itu harus kita bongkar, kita kembalikan, paling tidak marmer yang konek dengan heritages. Di depan juga kita kasih clear sedikit," kata Danny.

Danny juga akan menggabungkan beberapa Kantor Dinas ke Balai Kota Makassar. Alasannya, agar pelayanan lebih maksimal.

Kantor Balai Kota Makassar diklaim tak pernah mengalami renovasi secara maksimal. Pemkot Makassar lantas menyiapkan anggaran Rp 20 miliar.

"Kayaknya Rp 20 miliar. Ini sejak 5 tahun lalu tidak pernah goyang renovasinya," katanya.

Danny mengatakan, hasil renovasi Balai Kota nantinya bakal lebih dinikmati oleh Wali Kota selanjutnya.

"Orang lain begitu masuk, diperbaiki dulu ruangannya. Kalau saya tidak, sekarang untuk Wali Kota akan datang, kita bikin memang yang bagus-bagus," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Makassar Helmi Budiman membenarkan renovasi Kantor Balai Kota.

"Iya sementara perencanaan ini, masih tahap awal baru perencanaannya kita susun," singkat Helmi.

(hmw/mud)