Singgung soal HAM, Ini Isi Pembicaraan Jaksa Agung dan Panglima TNI

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 13:42 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Jaksa Agung ST Burhanuddin menerima kunjungan perdana dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Burhanuddin menyebut pada pertemuan kali ini tidak ada pembicaraan khusus.

"Teman-teman, hari ini kami menerima kunjungan Panglima TNI dan pokoknya kami tidak ada pembicaraan khusus," kata Burhanuddin di Gedung Kartika Candra Adhyaksa Kejagung, Jalan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/1/2022).

Burhanuddin menyebut pihaknya hanya membahas seputar koordinasi dan sinergitas Kejagung dengan TNI bersama Andika. Hal itu dinilai penting untuk kedua institusi ini agar memperkuat sinergitas dalam penegakan hukum.

"Tetapi pembicaraan yang sifatnya adalah koordinasi dan sinergitas kami dalam penegakan hukum. Itu inti pembicaraan kami," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Andika mengamini pernyataan Burhanuddin. Selain untuk memperkuat sinergitas, dia menyebut pertemuan ini dilakukan agar dua institusi ini dapat saling memahami.

"Jadi salah satu kedatangan saya pagi ini dalam rangka untuk membuat dua institusi ini saling memahami statement pada Jaksa Agung," katanya.

Andika mengaku akan terus mendukung kewenangan Jaksa Agung yang berkaitan dengan TNI, termasuk terkait dugaan pelanggaran HAM berat. Selain itu, pihaknya juga mendukung proses penanganan perkara koneksitas yang sedang berlangsung di Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (Jampidmil).

"Kita siap mendukung semua yang menjadi kewenangan Jaksa Agung termasuk yang di dalamnya pengadilan HAM, ini kan ada kaitannya dengan kami kita all out mendukung termasuk proses hukum koneksitas yang sedang berlangsung kita all out," kata Andika.

"Pak Jaksa Agung yakin akan mendukung apa pun yang beliau minta. Dalam hal kasus TWP itu kan saat ini dari penyelidikan ke proses awal penuntutan. Nah itu pun saya sampaikan pada beliau saya siap mendukung apa pun yang diperlukan menghadirkan saksi barang bukti dan lain-lain," kata Andika.

Diketahui, Andika Perkasa menyambangi Kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) hari ini. Kedatangan Panglima Andika hari ini untuk menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Panglima TNI Andika datang pukul 10.05 WIB ke Gedung Menara Kartika Adhyaksa, Jalan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat. Andika langsung disambut ST Burhanuddin yang telah berdiri di depan gedung. Pertemuan itu berlangsung tertutup.

(whn/knv)