Kala Jokowi Beraksi Ngegas Motor Custom di Bypass Bandara-Mandalika

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 14 Jan 2022 06:27 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Majid menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis, (13/1/2022). Sepanjang perjalanan, Presiden meninjau pembenahan jalan dan penataan sejumlah fasilitas antara lain di Bundaran Bypass, Bukit Jokowi, hingga Bundaran Sunggung.
Jokowi beraksi ngegas motor di NTT (Foto: Pool/Biro Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTT) untuk meninjau persiapan MotoGP 2022. Dalam kunker tersebut, Jokowi sempat mengendarai motor di Jalan Bypass BIL-Mandalikadan memakai jaket bertuliskan G20.

Presiden Jokowi meninjau fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, pada Kamis (13/1) yang nantinya sebagai pintu masuk bagi penonton dan peserta MotoGP Mandalika 2022. Diketahui Sirkuit Internasional Mandalika akan digunakan untuk balapan MotoGP pada Maret 2022.

Dalam kunker tersebut Jokowi juga meninjau beberapa fasilitas di antaranya adalah pos pemeriksaan suhu dan kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau e-HAC, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, dan pos pemeriksaan bea cukai.


Motor Jokowi di Mandalika: Kawasaki W175 Custom

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022), Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, pada Kamis (13/1/2022) sekitar pukul 09.50 WITA.

Sesampainya di Bandara, Jokowi meninjau sejumlah fasilitas di bandara. Kemudian Jokowi bersiap untuk mencoba Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika sepanjang 17,36 km, menggunakan motor custom tersebut. Motor Kawasaki W175 yang dikendarai Jokowi berwarna hijau metalik.


Jokowi Cek Infrastruktur Jalan dan Homestay

Motor Jokowi di Mandalika digunakan untuk mengecek infrastruktur jalan bypass dari bandara menuju sirkuit tersebut. Peninjauan langsung oleh Jokowi ini untuk mengetahui kesiapan penyelenggaraan MotoGP 2022.

"Saya juga tadi mengecek infrastruktur utamanya jalan bypass dari airport menuju ke Mandalika terutama yang berkaitan dengan keindahan, dengan estetika, dengan lanskap tadi juga sudah satu minggu ini dikerjakan dan kelihatan perubahannya," kata Jokowi, dalam YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (13/1/2022).

"Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, ke sirkuit Mandalika itu betul-betul tamu dihantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu, ini harus disiapkan, dan saya minta tadi dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan," ujar Jokowi.

Selain peninjauan jalan bypass dari bandara menuju Mandalika, Jokowi juga meninjau homestay di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Homestay tersebut diharapkan dapat terisi penuh saat acara MotoGP 2022.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah sekarang siap 300 homestay," tambah Jokowi.

Simak Video: Jokowi Harap 300 Homestay di Mandalika Terisi Saat Ada MotoGP

[Gambas:Video 20detik]