Antusias Lansia di Manado Ikut Vaksinasi Booster

Trisno Mais - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 18:21 WIB
Sejumlah lansia antusias menerima vaksinasi booster di Manado
Sejumlah lansia antusias menerima vaksinasi booster di Manado (Foto: Trisno Mais)
Manado -

Vaksinasi booster di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mulai dilakukan hari ini. Pelaksanaan vaksinasi booster ini disambut antusias oleh warga.

Pantauan detikcom, Kamis (13/1/2022), di Mantos 3, tempat pendaftaran sudah dibuka pukul 10:00 Wita. Terlihat sejumlah warga antusias mendatangi untuk mendapatkan vaksinasi booster.

Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengatakan suntikan booster ini merupakan amanat pemerintah pusat untuk dijalankan di seluruh provinsi.

"Kita laksanakan vaksin booster mulai hari ini. Puji Tuhan stok cukup. Untuk Manado sendiri stoknya 17.000 sampai akhir bulan," kata Kandouw, saat diminta keterangan, Kamis (13/1/2022).

Kandouw mengatakan berdasarkan laporan Satgas Penanganan COVID-19 Sulut, capaian vaksinasi di Manado paling tinggi jumlahnya di Sulut. Menurut dia, untuk tahap 1 sudah 100 %, tahap 2 sudah 50 %, berarti mulai hari ini bertambah lagi.

"Apalagi omicron sudah sampai di Indonesia. Masyarakat kita dorong segera ke pos-pos pelaksanaan vaksinasi terutama untuk vaksinasi kedua dan booster," katanya.

Kandouw menjelaskan stok vaksin di Sulut mencapai 200 ribu. Menurutnya stok yang cukup ini juga terjadi secara nasional.

"Makanya jangan kita tunda-tunda melaksanakan vaksinasi. Kami mendorong pemkab pemkot untuk lebih gencar lagi dalam pelaksanaan vaksinasi," pungkasnya.

Sementara itu salah satu penerima vaksin booster, Stin Tampenawas mengatakan sangat senang bisa mendapatkan vaksinasi booster.

"Saya senang sekali," katanya.

Awalnya kata dia kalau keluar rumah sering dilarang karena ancaman pandemi COVID-19. Namun karena sudah divaksin booster dirinya makin percaya diri terhindar dari COVID.

"Ini sudah suntik 3 kali sudah senang, karena sudah bisa jalan-jalan, yang lalu tidak diizinkan keluar oleh anak-anak karena belum divaksin 3 kali," jelas dia.

Kemudian penerima vaksin booster lainnya Lilik Sukawati (60) merasa senang karena petugas memberikan pelayanan baik. Menurutnya hingga selesai disuntik vaksin tidak merasa gejala apa-apa.

"Saya senang, karena waktu datang sudah tidak antrian lagi, karena lansia diprioritaskan. Tidak ada rasa sakit, saya divaksin sudah 15 menit yang lalu. Saya vaksin sinovac," pungkasnya.

(mud/mud)