Menaker Puji Perjanjian Kerja Bersama Bridgestone Tire Indonesia

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 16:51 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah dengan Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri, menyaksikan acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) XIV antara Pengusaha dan Pekerja PT Bridgestone Tire Indonesia.

Menaker juga memberikan pujian dan apresiasi atas PKB tersebut. Sebab, berkat kerja keras, komunikasi efektif, komitmen, dan persepsi yang sama, serta rasa saling empati antara manajemen dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB), perundingan PKB ke XIV telah berhasil melaksanakan di tengah-tengah pandemi COVID-19. Hal ini disampaikan dalam sambutannya.

"Perlu diingat, kemajuan perusahaan berada di tangan Bapak/Ibu sekalian. Untuk itu jadikan PKB ini sebagai momentum yang berharga untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan di perusahaan dapat tercapai dan terus terpelihara," kata Menake dalam keterangan tertulis, Kamis (13/1/2022).

"Tidak mudah di tengah-tengah pandemi ini melaksanakan perundingan. Alhamdulillah berkat kerja keras Manajemen dan Serikat Pekerja serta adanya komunikasi efektif, komitmen dan persepsi yang sama, rasa saling empati yang tinggi antara manajemen dan serikat pekerja, akhirnya hari ini kita dapat menyaksikan acara penandatanganan PKB PT. Bridgestone Tire Indonesia ke XIV, " tambahnya.

Menurutnya, PKB merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Sehingga diharapkan kedua belah pihak patuh dan menjalankan segala hak dan kewajibannya sesuai yang tertuang di dalam PKB tersebut.

"Hal ini untuk menciptakan dan membangun suasana hubungan industrial yang harmonis antara Pengusaha dan Pekerja demi kelangsungan usaha dan produktivitas serta kesejahteraan pekerja," tutur Ida Fauziah.

Sementara Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan, pembaharuan PKB ini merupakan wujud upaya bersama dari Manajemen dan Serikat Pekerja untuk terus menjaga hubungan industrial yang harmonis, di tengah tantangan era persaingan yang begitu dinamis.

"Bagi Bridgestone, fokus utama kami saat ini adalah menjaga daya saing serta terus meningkatkan produktivitas dan keunggulan kualitas produk kami. Kami percaya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui hubungan industrial yang harmonis, di mana semua karyawan saling bahu membahu memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar yang ada di dalam maupun luar negeri," kata Mukiat.

"Seluruh pihak harus menyadari, bahwa harus selalu terus dicari keseimbangan antara upaya menjaga daya saing Perusahaan dengan peningkatan kesejahteraan karyawan, di mana seluruhnya harus dapat seiring sejalan," pungkasnya.

(ega/ega)