Polri: Seragam Baru Satpam Disiapkan Satpam dan Tempat Kerja

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 12:26 WIB
Jakarta -

Polri bakal mengubah aturan soal warna seragam satpam dari cokelat muda menjadi warna krem. Polri mengatakan pengadaan seragam baru satpam merupakan urusan satpam dan tempat kerja.

"Itu (pengadaan) nanti antara satpam dan tempat bekerjanya," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di kantornya, Jaksel, Kamis (13/1/2022).

Ramadhan mengatakan Polri tidak melakukan intervensi soal pengadaan seragam satpam. Alasannya, satpam tidak termasuk struktur organisasi Polri.

"Satpam itu bukan struktur di bawah kepolisian. Satpam itu kan ada yang menggunakan. Jadi bukan kita yang membebankan. Karena yang menggunakan user. Saya tak mencampuri dan intervensi itu," tuturnya.

Dia mengatakan Polri hanya membuat aturan soal seragam satpam. Menurutnya, seragam satpam harus berbeda dengan seragam anggota Polri.

"Cuma kita aturan dalam penggunaan pakaian. Beda sama anggota Polri, pengadaannya tentu oleh Mabes Polri. Tapi sekali lagi, kalau pakaian satpam kami tidak intervensi siapa yang mengadakan. Cuma kami memberi aturan pakaian seragam itu seperti itu," ucap Ramadhan.

Sebelumnya, Polri memutuskan mengkaji ulang terkait seragam satpam yang berwarna cokelat. Rencananya seragam satpam diganti warna menjadi krem.

"Masih dalam proses pengkajian, warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat dimintai konfirmasi, Rabu (12/1).

Ramadhan menyebut warna seragam satpam saat ini terlalu mirip dengan polisi sehingga, menurutnya, masyarakat kerap bingung dalam membedakan keduanya.

"Argumentasinya, seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan satpam," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan satpam sendiri merupakan pengembang fungsi kepolisian terbatas sehingga satpam harus memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

"Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," tutur Ramadhan.

(drg/haf)