Jatuh ke Geladak Saat Berlayar, ABK WN China Dievakuasi ke RSUZA Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 09:50 WIB
Evakuasi ABK asal China terjatuh ke dek kapal di Aceh (dok. Tim SAR)
Evakuasi ABK asal China terjatuh ke dek kapal di Aceh. (Dok. Tim SAR)
Banda Aceh -

Seorang anak buah kapal (ABK) M/V Xin Hai Tong 21, Yang Daqi (29), dievakuasi ke Aceh karena mengalami luka di bagian wajah. Yang Daqi mengalami kecelakaan kerja dalam pelayaran ke Singapura.

"Yang bersangkutan terjatuh ke dek dan mengalami luka terbuka di bagian kening," kata Kepala Basarnas Banda Aceh Budiono kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Budiono mengatakan evakuasi dilakukan setelah tim SAR Banda Aceh menerima informasi dari nakhoda kapal sekitar pukul 01.04 dini hari tadi. Saat itu, kapal berbendera Republik Kepulauan Marshall sedang berlayar dari Pantai Gading menuju Singapura.

SAR dan nakhoda kapal kargo itu membuat kesepakatan lokasi evakuasi di Perairan Selat Benggala, Aceh Besar. Tim SAR gabungan lalu berangkat ke lokasi menggunakan KN SAR Kresna 232.

Petugas evakuasi menggunakan baju hazmat ketika naik ke kapal kargo tersebut. Yang tampak sudah diperban ketika dibawa turun petugas.

"Yang ABK berkewarganegaraan China. Dia berhasil kita evakuasi ke atas kapal SAR sekitar pukul 06.10 pagi tadi," jelas Budiono.

Budiono mengatakan yang dibawa ke Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) untuk mendapatkan perawatan. "Yang sudah kita bawa ke rumah sakit," ujar Budiono.

(agse/haf)