Seluruh Puskesmas di DKI Disiapkan untuk Layani Vaksinasi Booster

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 21:40 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Dok. Shutterstock)
Jakarta -

Vaksinasi Corona ketiga atau booster akan dimulai besok. Pemprov DKI Jakarta memastikan kesiapan seluruh puskesmas untuk melayani vaksinasi ketiga tersebut.

"Kita sudah infokan ke semua puskesmas, nanti kita lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir," kata Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Selasa (11/1/2022).

Widyastuti tak merinci kuota vaksinasi yang tersedia untuk penerima booster per hari. Pihaknya akan mengatur agar vaksinasi tidak menimbulkan antrean.

"Karena kan dibutuhkan alur yang lebih rapi karena lansia kasihan ya, kalau nggak diatur dengan rapi," ujarnya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan untuk saat ini vaksinasi booster di Ibu Kota akan diprioritaskan kepada golongan lansia dan kelompok rentan. Adapun varian vaksin booster yang disediakan mulai dari Sinovac hingga AstraZeneca.

"Ada Sinovac, Pfizer, AstraZeneca, Moderna. Angkanya belum ada," jelasnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengumumkan rencana pemerintah menggelar vaksinasi Corona dosis ketiga atau booster untuk warga. Vaksin booster diberikan mulai 12 Januari 2022.

"Mulai 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," kata Jokowi.

"Pemberian vaksin ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena saya tegaskan keselamatan rakyat adalah yang utama," sambungnya.

(taa/eva)