AJI Desak 2 Terdakwa Penganiaya Jurnalis Tempo Dihukum Berat!

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 18:19 WIB
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuntut peradilan bersih untuk kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi. Sidang putusan dijadwalkan digelar besok. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuntut peradilan bersih untuk kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi. Sidang putusan dijadwalkan digelar besok. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuntut peradilan bersih untuk kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi. Sidang putusan dijadwalkan digelar besok.

Hal itu disampaikan dalam aksi unjuk rasa yang digelar di dekat Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat (Jakpus). Ketua AJI Jakarta, Afwan Purwanto, mengatakan aksi ini digelar sebagai bentuk pengawalan agar keadilan ditegakkan.

"Mendesak hakim memvonis berat pelaku kekerasan (terhadap) jurnalis Nurhadi. Kami di sini untuk mengawal keadilan atas kasus yang menimpa rekan kami," kata Afwan di lokasi, Selasa (11/1/2022).

Menurutnya, setiap tindakan kekerasan terhadap jurnalis merupakan ancaman bagi kebebasan pers. Selain orasi, dalam aksi unjuk rasa ini ditampilkan aksi teatrikal dengan menghadirkan figur tahanan hingga mural tertulis 'Keadilan bagi Jurnalis'.

Afwan mengatakan aksi serupa digelar di 21 kota semenjak 21 Maret 2021.

"AJI bersama komunitas pers lainnya sudah menggelar aksi di 21 kota semenjak Maret 2021. Ini belum termasuk dengan aksi di berbagai media sosial yang dilakukan komunitas pers di Tanah Air dan jaringan internasional," tuturnya.

Kasus Nurhadi kini telah berproses di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Sidang putusan rencana digelar pada Rabu, 12 Januari 2022.

Kilas Kasus Penganiayaan Nurhadi

Kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi, terjadi pada 27 Maret 2021. Nurhadi dianiaya sekelompok orang saat meliput di Gedung Samudra Bumimoro, yang terletak di Jalan Moro Krembangan, Surabaya, Jawa Timur.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuntut peradilan bersih untuk kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi. Sidang putusan dijadwalkan digelar besok. (Dwi Rahmawati/detikcom)Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menuntut peradilan bersih untuk kasus penganiayaan terhadap jurnalis Tempo, Nurhadi. Sidang putusan dijadwalkan digelar besok. (Dwi Rahmawati/detikcom)

Saat itu, Nurhadi mendatangi gedung tersebut untuk melakukan investigasi terkait kasus dugaan suap yang dilakukan oleh Direktur Pemeriksaan Ditjen Pajak Kemenkeu, Angin Prayitno Aji. Saat itu kasus dugaan suap tersebut sedang ditangani KPK.

Di lokasi tersebut sedang berlangsung resepsi pernikahan antara anak Angin Prayitno Aji dan anak Kombes Achmad Yani, mantan Karo Perencanaan Polda Jatim.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.