LaNyalla: Jalan Tol Kan Berbayar, Harus Berkualitas & Jamin Keselamatan

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 15:09 WIB
lanyalla mahmud mattalitti
Foto: DPD
Jakarta -

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengatakan kecelakaan maut di jalan tol KM 363+800 B ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang menyebabkan korban meninggal harus menjadi bahan evaluasi untuk pengelolaan serta peningkatan kualitas jalan tol.

"Kondisi jalan tol yang rusak dan berlubang dapat menyebabkan kecelakaan bagi pengguna. Kecelakaan di jalan tol Kapal Betung harus menjadi warning bagi pengelola tol," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/1/2022).

Berdasarkan pengalamannya, LaNyalla mengatakan kerap menemui ruas jalan tol yang berlubang dan rusak. Tanpa disadari, hal tersebut menurunkan kualitas dan membahayakan para pengguna jalan tol.

"Sebagai jalan bebas hambatan, seharusnya masalah-masalah itu tidak terjadi," ujarnya.

Ia menilai Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) perlu mengevaluasi kualitas jalan tol agar kecelakaan tidak terus menerus terjadi. Ia menegaskan agar Ditjen Bina Marga harus memberikan pengawasan dalam menjaga standar pelayanan minimal (SPM) ruas tol.

"Jalan tol inikan berbayar. Siapa pun yang melintas di dalamnya harus membayar. Jadi jalan tol harus berkualitas dan menjamin keselamatan pengguna, jangan malah merenggut nyawa pengguna akibat kualitas dan kerusakan yang tidak segera diperbaiki," tutupnya.

(prf/ega)