Video 20Detik

Warga Kalteng Pilih Lapor Aksi Pencurian ke Damkar, Pelaku Dibekuk

Ashri Fathan - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 13:15 WIB
Kotawaringin Barat -

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, berhasil menggagalkan pencurian di salah satu sekolah setempat. Petugas Damkar bertindak setelah mendapat laporan dari warga.

Kabid Damkar Kotawaringin Barat Dwi Agus Suhartono menceritakan kronologi kejadian tersebut. Dwi mengatakan saat itu warga melihat ada aksi mencurigakan di SDN 7 Raja Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Pada hari Sabtu, tanggal 8 Januari 2022, sekitar pukul 22.18 WIB, Mako Damkar menerima laporan dari salah seorang warga yang menyatakan bahwa di salah satu area sekolah, yang kebetulan sekolah ini berseberangan lokasinya dengan Mako Damkar, diduga ada seseorang yang berniat melakukan pencurian," papar Dwi.

"Dan betul, di lokasi lokasi SDN 7 Raja, memang kami dapati ada seseorang yang menjebol salah satu pintu ruang kelas. Pada kesempatan pertama, teman-teman kemudian mengamankan orang tersebut dan menurut cerita dari teman-teman yang ada di lapangan bahwa orang ini sempat mau melarikan diri, terus kemudian kami kejar, dan karena diduga si orang ini dalam pengaruh minuman keras akhirnya ketika dia mau melompat ke salah satu tembok dia tidak mampu melompat, dan kemudian diamankan oleh teman-teman Damkar," lebih lanjut Dwi menceritakan.

Namun, di balik peristiwa itu, Damkar Kotawaringin Barat mengaku tidak punya niat melangkahi wewenang instansi lain. "Teman-teman Damkar pada prinsipnya hanya mengamankan, tidak mengambil tindakan hukum apa pun, dan pada kesempatan pertama kami juga menghubungi Polres Kotawaringin Barat untuk menyampaikan bahwa kami telah mengamankan seseorang yang diduga akan melakukan tindakan pencurian pada salah satu sekolah, dan memang tidak terlalu lama mungkin sekitar 10-15 menit ada salah satu personel dari Polres Kotawaringin yang merapat dan mengamankan orang ini," tutur Dwi.

(afh/afh)