Megawati Singgung Benalu Pandemi, PKS Ungkit Penyimpangan Bansos

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 10:26 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani.
Netty Prasetiyani (Dok. dpr.go.id)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap adanya benalu yang mencari keuntungan di tengah kondisi pandemi COVID-19. PKS mengutuk keras pihak-pihak yang mengambil keuntungan pribadi di tengah pandemi.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara PKS, Netty Prasetyani. Dia awalnya menyebut di saat pandemi COVID-19 ini seharusnya semua pihak bersama-sama menangani dan menyelamatkan rakyat.

"Saya pikir di tengah pandemi yang berbasis wabah kesehatan dan berdampak secara multidimensi, serta mengakibatkan banyak korban berjatuhan, sudah seharusnya semua sumber daya digunakan untuk menangani pandemi dan menyelamatkan rakyat Indonesia," kata Netty saat dihubungi, Selasa (11/1/2022).

Karena itulah, anggota Komisi IX DPR ini meminta agar tidak ada satu pun yang mencari keuntungan pribadi di tengah pandemi COVID-19. Dia juga mengutuk tindakan tersebut.

"Jadi, kita semua harus mengutuk keras siapa pun yang mengambil keuntungan pribadi dari kebijakan dan anggaran penanganan pandemi," ujarnya.

Lebih lanjut, Netty lantas mendorong penegakan hukum diberlakukan kepada para pihak yang mencari keuntungan pribadi dan merugikan masyarakat tersebut. Dia mendesak agar aparat penegak hukum melaksanakan tugasnya.

"Penegakan hukum harus dilakukan terhadap setiap pelanggaran, penyimpangan, dan tindakan koruptif yang merugikan rakyat. Ini menjadi tugas para penegak hukum atas dugaan penyelewengan atau penyimpangan anggaran penanganan pandemi baik PCR, vaksin, obat-obatan, alkes, bansos, maupun subsidi," ujarnya.

Simak selengkapnya pernyataan Megawati di halaman berikutnya.